Blog

Tipe Content Marketing yang Efektif untuk Brand di 2021

Terutama di era media sosial, banyak bisnis mulai menganggap content marketing sebagai bagian penting dari strategi pemasaran mereka. Lewat konten yang menarik, bisnis dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan awareness terhadap brand mereka.

Ada banyak format konten yang dapat digunakan, mulai dari blog, podcast, video, infografis, email newsletter, dan banyak lagi. Perkembangan dan tren content marketing ini pun turut berubah seiring dengan perubahan perilaku konsumen maupun teknologi. 

Baca juga: Berikut Tren Desain Media Sosial untuk Brand di 2021 yang Perlu Kamu Ketahui!

Berikut beberapa tipe content marketing efektif yang dapat diterapkan oleh brand di tahun 2021. 

Konten Berbasis Visual dan Video

Dengan banyak bermunculannya platform berbasis visual dan video seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok, format konten pun akan menyesuaikan dengan tren ini. Dengan kebiasaan konsumen yang semakin bergeser ke arah ini, bisnis pun harus bisa menghasilkan konten visual atau video yang berkualitas dan bisa menarik audiens.

Ini bukan berarti kamu harus sepenuhnya hanya fokus membuat konten berasis visual dan video saja. Kamu bisa memperkaya konten-konten lainnya dengan menambahkan visual atau video. Misalnya pada blog, menambahkan infografis agar pembaca lebih mudah memahami data-data yang ada.

Live & Webinar

Dengan adanya pandemi, banyak event atau acara pun yang akhirnya ditunda atau dibatalkan. Ini membuat kebanyakan bisnis, seminar, atau event-event lainnya memindahkan acara mereka secara online melalui live video dan webinar. Pasalnya, video merupakan medium yang efektif untuk menyampaikan informasi atau mengedukasi konsumen. 

Pendekatan terhadap webinar pun semakin inovatif, mulai dari sesi webinar pendek, masterclass, sesi tanya-jawab, dan banyak lagi pendekatan-pendekatan webinar yang bersifat lebih interaktif. Orang semakin tidak tertarik dengan presentasi yang panjang. Mereka ingin bisa bertanya dan berinteraksi dengan pembicara. Sifatnya yang interaktif inilah yang membuat webinar dan live video semakin digemari oleh banyak orang.

Konten Interaktif

Bagaimana pengguna atau konsumen berinteraksi dengan konten yang dibagikan juga sama pentingnya dengan konten tersebut. Keterlibatan pengguna kini juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan dalam menyusun strategi content marketing.

Dengan begitu banyak konten yang ada di berbagai platform, perhatian audiens pun semakin singkat sehingga semakin sulit bagi brand untuk meng-engage audiens. Inilah mengapa konten yang interaktif dapat meningkatkan efektivitas konten tersebut. Buatlah konten-konten yang memungkinkan audiens untuk berpartisipasi dalam konten tersebut, misalnya melalui poll, quiz, tes, survei, dan lain-lain.

User-Generated Content

User-generated content juga menjadi salah satu bentuk konten yang dimanfaatkan brand. Kamu bahkan tidak perlu membuat konten, cukup membagikan konten dari konsumenmu. 85% orang mempercayai konten yang dibuat oleh pengguna lainnya. 

Membagikan hasil konten konsumen akan membuat mereka merasa didengarkan. Kamu bahkan bisa membangun komunitas dari user-generated content. Ini akan membantumu menarik perhatian calon pembeli, meningkatkan engagement sekaligus kepercayaan.

Alih Fungsi ke Berbagai Channel

Strategi ini banyak dilakukan oleh bisnis. Banyak bisnis, khususnya bisnis kecil, mungkin tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menghasilkan begitu banyak konten yang berbeda untuk masing-masing platform. Untuk mengatasi ini, banyak dari mereka akhirnya mengatasinya dengan repurposing atau mengalihfungsikan suatu konten ke berbagai channel. 

Saat kamu menghasilkan konten yang berkualitas, tentu kamu ingin membagikan ke sebanyak-banyaknya orang. Kamu bisa melakukan ini cukup dengan mengalihfungsikan konten. Misalnya jika artikelmu mendapatkan pageview yang cukup tinggi, kamu bisa mengalihfungsikannya ke bentuk grafik atau video untuk kemudian dibagikan di Instagram, TikTok, atau bahkan Webinar.

Konten yang Terpersonalisasi

Konsumen saat ini semakin mengharapkan gaya komunikasi yang relevan secara personal, termasuk juga dalam hal konten. Untuk membuat konten yang terpersonalisasi ini, dibutuhkan data yang ekstensif dan tepat. Semakin banyak mereka berinteraksi dengan bisnismu, semakin banyak data yang kamu dapatkan. Semakin banyak data mengenai customer yang kamu punya, semakin besar juga kemungkinanmu untuk menciptakan konten yang bermakna. 

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Buat strategi content marketing yang berfokus pada customer baik dari segi isi kontennya maupun pengalaman yang dapat ditawarkan ke mereka saat mereka mengakses konten tersebut. Bagikan konten secara optimal ke berbagai platform. Dengan memahami tren yang ada dan perilaku konsumen, konten yang kamu hasilkan dapat membantu memperluas jangkauan bisnis dan mengoptimalkan penjualan.

Berbagai jenis content marketing bisa kamu manfaatkan di berbagai platform, mulai dari media sosial hingga website toko online. Kamu bisa menarik calon pelanggan secara organik dengan memanfaatkan SEO dan fitur blog dari SIRCLO Store sambil menawarkan rangkaian produkmu di website! SIRCLO Store adalah solusi untuk kamu yang ingin segera berjualan dengan website toko online. Mulai dari Rp 275.000 per bulan, kamu bisa berjualan di website toko online-mu sendiri. Klik di sini untuk memulai!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!