Blog

Tips agar Bisnis Online Tetap Jalan saat Social Distancing

Dengan terus bertambahnya kasus virus Corona, imbauan untuk melakukan social distancing pun semakin digalakkan. Orang-orang pun menghindari melakukan aktivitas di luar rumah. Sekolah diliburkan sementara, begitu pula dengan sebagian besar kantor yang mulai menerapkan work from home (WFH). Dengan kebebasan yang lumayan terbatas di kala social distancing ini, bagaimana cara bisnis online bisa tetap produktif ya? 

Pandemi Covid-19 memang cukup berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Walaupun demikian, bekerja dan berbisnis dari rumah bukannya berarti bisa santai-santai. Bisnis tentunya tetap harus berjalan dengan efektif agar bisa bertahan. Apalagi bagi bisnis online, masa social distancing ini bisa menjadi kesempatan untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memastikan bisnis online-nya tetap produktif.

Baca juga: Ide Bisnis di Rumah yang Bisa Kamu Mulai

Komunikasikan Kebijakan dengan Jelas

Beradaptasi dengan kehidupan work from home memang menjadi tantangan sendiri bagi banyak bisnis. Pasalnya, pekerjaan yang tadinya bisa dikomunikasikan dan dibahas secara langsung kini harus dilakukan melalui chat, telepon, atau video call. Padahal, dalam masa masa seperti ini menjaga produktivitas sangat penting.

Agar bisnis online-mu bisa tetap produktif, tentukan kebijakan work from home yang jelas bagi seluruh karyawan. Buat kesepakatan mengenai aturan check-in/check-out, platform apa yang akan digunakan selama work from home, jam kerja, alur komunikasi, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya miskomunikasi yang dapat menghambat produktivitas bisnis. 

Pastikan Komunikasi Lancar

Selanjutnya, pastikan komunikasi dalam tiap tim berjalan lancar. Saat bekerja dari rumah masing-masing, terkadang ritme kerja bisa terganggu. Apalagi, seluruh komunikasi dilakukan secara online sehingga hal-hal penting bisa saja tertimbun dengan banyaknya pesan yang masuk.

Untuk menghindari ini, kamu bisa coba untuk mensentralisasi proses komunikasi dalam satu platform yang bisa diakses bersama sehingga setiap orang bisa melihat update, percakapan, dan lain-lain. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat waktumu untuk melakukan sesuatu yang lebih produktif daripada berpindah-pindah dari platform chat yang satu ke yang lain.

Proaktif, Bukan Reaktif

Di masa krisis seperti ini, yang penting untuk diingat adalah untuk proaktif dan bukan reaktif. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa menunjukkan kemampuanmu untuk memimpin dan membuat keputusan. Atur kembali prioritas, perencanaan, dan strategi sebagai antisipasi. 

Jika ada perencanaan atau aktivitas yang harus dibatalkan ataupun ditunda karena wabah Covid-19 ini, segera cari alternatif lain. Misalnya, jika kamu tadinya ingin mengadakan event peluncuran produk baru, kamu bisa mengadakan launching secara online, misalnya di media sosial atau website toko online milikmu. 

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hal ini bisa dilakukan dengan cara tetap memberi update misalnya mengenai ketersediaan produk, promo, ataupun produk baru baik melalui media sosial, email newsletter, dan lain-lain. Bisa juga dengan menambahkan fitur live chat pada web jualan online agar pelayanan lebih mudah. Intinya, jangan sampai kamu malah jadi kehilangan pembeli karena tidak memiliki metode komunikasi yang baik dengan pelanggan maupun calon pembeli. 

Mengoptimalkan Digital Presence

Dengan adanya social distancing, orang-orang jadi lebih banyak menghabiskan waktunya secara online. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengoptimalkan kehadiran digital atau digital presence dari bisnismu. 

Misalnya, jika sebelumnya kamu sekadar berbisnis melalui media sosial, kamu bisa membuat website toko online. Mengapa penting sekali untuk membuat website toko online? Pertama, dengan mempunyai website, calon konsumen atau pembeli akan lebih mudah untuk menemukan produk ataupun jasamu. Selain itu, web jualan online juga bisa membantumu mencapai target audiens yang lebih luas. 

Baca juga: Langkah-Langkah Beriklan dengan Instagram Ads

Bisnis online yang memiliki web jualan online akan terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Kalau kamu sudah punya website toko online, pastikan situs tersebut bisa diakses dengan mudah dan responsif. Jangan lupa juga untuk terus meng-update-nya ya. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan digital presence bisnis online-mu adalah dengan membagikan konten-konten yang relevan dengan bisnis online-mu seperti di media sosial atau blog website toko online-mu

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama social distancing agar bisnis online-mu tetap produktif. Pada dasarnya, menjaga komunikasi internal maupun eksternal khususnya secara digital menjadi cara bisnis online bisa bertahan di kondisi seperti sekarang ini. Jadi untuk kamu para pebisnis, tetap semangat ya!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!