Blog

Tips Foto Produk Bagus dengan Budget Kecil

Salah satu syarat untuk meningkatkan penjualan toko online adalah dengan menampilkan foto produk yang bagus dan menarik calon pembeli. Sayangnya, tidak semua penjual online memiliki modal lebih untuk keperluan foto. 

Beberapa tahapan ini dapat membantu penjual online memiliki katalog produk dengan foto yang bagus dengan pengeluaran yang minimal:

 

1. DO IT YOUSELF (DIY).

Salah satu cara yang paling murah adalah dengan melakukan segala pekerjaan sendiri. Tentu saja hal ini akan memangkas pengeluaran Anda. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa fotografer. Anda juga dapat menghasilkan foto sekelas fotografer.

 

2. SIAPKAN BEBERAPA ITEM PENTING.

Beberapa barang yang Anda perlukan untuk menghasilkan foto, seperti: kamera atau handphone berkamera, tripod, kertas karton putih atau kain putih polos, kardus bekas, lampu (misalnya lampu meja), dan laptop untuk mengedit foto atau handphone yang telah dilengkapi dengan aplikasi editor foto.

 

3. BUAT MINI STUDIO.

Dengan memanfaatkan kertas karton putih, kardus bekas, hingga lampu meja belajar, Anda sudah dapat membuat mini studio untuk menghasilkan foto produk yang bagus. Atur kardus dan lapisi dengan kertas karton putih yang nantinya akan digunakan untuk background foto produk kemudian beri lubang di beberapa tempat untuk cahaya yang didapatkan dari lampu meja belajar.

Jika Anda kesulitan untuk membuat mini studio, Anda dapat menggunakan kain putih polos yang diatur rapi sebagai background foto dan Anda juga dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai pengganti lampu meja untuk memberikan cahaya pada foto.

 

4. AMBIL FOTO DARI BERBAGAI SUDUT.

Hal ini untuk semakin memudahkan calon pembeli melihat secara detail produk yang Anda tawarkan. Ambil beberapa foto tampak depan, belakang, samping, hingga foto detail motif produk. Semakin detail foto yang ditampilkan pada katalog, semakin mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan transaksi.

 

5. EDIT FOTO.

Tidak perlu melakukan proses editing foto yang rumit. Lakukan edit foto standar seperti menaikkan cahaya atau kontras foto, melakukan pemotongan atau cropping, hingga mengatur resolusi foto. Tahap ini membantu untuk menaikkan kualitas foto yang dihasilkan dan membuat foto yang dihasilkan semakin bagus. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan software editor foto seperti Photoshop, PicsArt, VSCOcam, dan lain-lain.

 

6. UPLOAD DAN PROMOSIKAN PRODUK.

Jika Anda sudah selesai dengan proses editing foto, maka foto Anda telah siap untuk ditampilkan pada toko online Anda. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara berkala agar produk Anda lebih sering dilihat calon pembeli dan menghasilkan transaksi penjualan. (Baca Juga: IDE PROMOSI TOKO ONLINE).

 

SELAMAT BERFOTO!

“When words become unclear, I shall focus with photographs.” ― Ansel Adams

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit