Blog

Tips Manajemen Waktu Untuk Orang Sibuk

Sekarang ini semakin banyak saja pekerja kantoran yang juga mengelola bisnis online, terbayang sibuknya kan? Banyak yang mengorbankan waktu berkualitas untuk diri sendiri dan orang tercinta, demi menyelesaikan pekerjaan ataupun urusan rumah. Semua sudah dijadwalkan dengan ketat, tapi seringkali kita merasa seharusnya bisa lebih produktif lagi. Tapi apa lagi yang harus dikorbankan?

Apa kamu termasuk orang super sibuk yang mulai kebingungan mengatur waktu? Dengan begitu banyak tanggung jawab mengenai berbagai hal, manajemen waktu menjadi sangat penting sekali. Ayo ikuti tips manajemen waktu ini agar kamu bisa meluangkan waktu berkualitas untuk istirahat dan berkumpul bersama orang terdekat.

1. Buat Daftar Prioritas

Banyak orang yang saking sibuknya, memulai hari dengan terburu-buru dan ingin segera menyelesaikan segala hal sekaligus. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan waktu menjadi kacau, dan berujung pada berkurangnya produktivitas.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat bangun tidur di pagi hari adalah duduk dengan tenang, lalu susun jadwal dan buat daftar prioritas kegiatan untuk hari itu. Jangan pernah memulai hari tanpa kejelasan mengenai hal apa saja yang harus kamu kerjakan.

Bila nanti kamu melihat ada beberapa kegiatan yang bisa dicoret karena sudah selesai, kamu akan lebih terpacu untuk menyelesaikan seluruh kegiatan dalam daftar.

2. Delegasikan Pekerjaan

Cobalah belajar untuk mendelegasikan pekerjaan. Salah satu tanda kepemimpinan yang hebat adalah mengerti kapan harus turun langsung dan kapan mendelegasikan. Kamu harus menyadari kalau tidak semua hal harus kamu lakukan sendiri.

Sebagai contoh bagi kamu yang mempunyai bisnis online,

  • Daripada harus berkutat dengan pemrograman, kamu bisa delegasikan pembuatan webstore pada jasa pembuatan website.
  • Delegasikan pengelolaan media sosial dan interaksi dengan pelanggan pada seorang pegawai khusus.


3. Jangan Menangani Hal Kecil

Kamu harus bisa menahan keinginan untuk menangani setiap detail pekerjaan. Berikan petunjuk detail mengenai suatu pekerjaan pada orang lain, dan biarkan mereka mengerjakannya sesuai dengan arahan. Nantinya kamu bisa mengecek untuk melihat apakah pekerjaan sudah berjalan sesuai dengan arah yang ditentukan.

4. Disiplin Waktu

Maksudnya disini adalah tegaskan pada diri sendiri bahwa kamu harus segera meninggalkan kantor saat sudah jam pulang kerja. Supaya kamu bisa pulang tepat waktu, coba atur rapat dengan slot waktu yang lebih sedikit. Cara ini biasanya efektif untuk mengurangi obrolan yang tidak penting dan langsung pada pembicaraan bisnis.

Untuk kamu yang mengelola bisnis online dan bekerja dari rumah, tentukan waktu kerja yang jelas setiap harinya. Berhenti mengurus pekerjaan bila sudah waktunya. Kamu bisa lanjutkan melayani pelanggan dan menangani order dari webstore atau toko online kamu keesokan hari bila tidak mendesak.

Disiplin waktu ini bukan hanya tentang pekerjaan. Kamu juga perlu membuat rencana weekend dan menjalankannya. Bertemu dengan teman untuk makan siang bersama, ke bioskop, atau berjalan-jalan bersama keluarga. Pasti akan ada waktu ketika kamu tidak terlalu sibuk, sebaiknya manfaatkan momen itu secara maksimal. Hanya karena anda beristirahat sejenak, bukan berarti anda malas, karena hidup itu lebih dari sekedar hanya sampai pada tujuan, tapi juga harus bisa menikmati perjalananya.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!