Blog

Tips Melejitkan Penjualan di Toko Online

Apapun yang kamu cari ada di toko online.  Hanya dengan satu sentuhan satu jari di layar ponsel pintarmu barang tersebut berpindah ke keranjang belanja virtualmu. Membuat toko online adalah semudah menyeduh kopi instan. Jika kamu tidak bisa merancang website toko onlinemu, minta bantuan saja kepada developer website yang tersebar di internet.

 

Kesimpulan sementaranya adalah, membuka toko online itu gampang, namun yang sulit adalah membuat toko online tersebut tetap buka dan melejitkan penjualan di toko online tersebut.  Ada puluhan toko online populer yang terlanjur “parkir” di hati para netizen.

Berikut ini adalah tips untuk melejitkan penjualan di toko onlinemu secara kreatif, yaitu:

  1. Berkolaborasi dengan berbagai supplierAjukan proposal kerja sama kepada para supplier terkenal agar mereka mau berkonsinyasi dengan toko onlinemu. Konsinyasi adalah jual titip, mereka menitipkan barang di etalase toko onlinemu, sehingga membuat toko onlinemu komplit layaknya toko serba ada. Hanya barang yang terjual yang kamu bayarkan, sisanya kamu kembalikan dalam bentuk retur.
  2. Berikan discount
    Berikanlah potongan harga atau discount untuk produk-produk tertentu. Discount membuat orang tertarik untuk membeli . Toko atau mal pun sering melakukan hal ini untuk melejitkan penjualan.
  3. Keterlibatan komunitas
    Libatkan diri kamu dalam lingkungan masyarakat sekitar. Orang lebih suka menjalin hubungan bisnis dengan orang yang mereka kenal secara dekat, dan keterlibatan kamu pada komunitas mereka membuat kamu bisa menawarkan barang dagangan di toko onlinemu.
  4. Membuka peluang program reseller
    Reseller adalah program untuk mendapatkan penghasilan secara online, seorang reseller membeli produk untuk dijual kembali dengan sedikit laba. Program reseller dapat kamu informasikan lewat website atau media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram.
  5. Membuka sistem dropshiper
    Dropshiper adalah seseorang yang meminta penjual/supplier mengirimkan barang pesanan kepada pelanggannya, dengan mencantumkan nama, alamat, dan nomor ponsel dropshiper sebagai pemilik toko (pihak pengirim).
    Dropshiper tugasnya hanya berpromosi agar barang tersebut laku, tanpa perlu memikirkan pengepakan barang (packing), dan pengiriman (shipping). Berbagai toko buku online sering melakukan teknik dropship dalam melejitkan penjualan kepada para pelanggannya.
  6. Menjual lewat WA, BBM, atau Instagram
    Ini adalah program distributor virtual, kamu mendaftarkan diri kepada toko online tersebut sebagai distributor, kemudian kamu akan dibekali dengan file softcopy dalam bentuk PDF. File tersebut dapat kamu promosikan dalam status di BBM atau WA untuk menciptakan penjualan. Kamu membeli dengan harga distributor, jika kamu memperoleh penjualan, barang tersebut akan dikirimkan ke alamat pelanggan atas nama kamu sebagai distributor virtual. Pekerjaan ini dapat kamu lakukan sebagai bisnis kedua, lakukan ini di sela-sela kesibukan mengerjakan tugas kantor.
  7. Mintalah testimoni dari pelanggan
    Mintalah testimoni dari pelanganmu yang merasa puas dengan produk atau pelayanan di toko onlinemu. Testimoni ini membuat calon pelanggan lain yang membaca percaya dan tertarik untuk membeli barang di toko onlinemu.
  8. Buatlah kegiatan sosial
    Buatlah kegiatan sosial seperti donor darah, dan sponsori  kegiatan tersebut dengan memberikan produk-produk toko onlinemu. Misalnya : susu kemasan, kotak makan, dan lain sebagainya.
  9. Gunakanlah media sosial
    Gunakanlah media sosial seperti facebook, twiter, line sebagai sarana memperkenalkan produk terbarumu. Media sosial adalah iklan gratis yang efektif, sebab sebagaian besar anak muda merupakan pengguna aktif dari media sosial.
  10. Manfaatkanlah  Youtube
    Upload file-file berupa video atau foto produkmu ke Youtube, karena youtube dapat disaksikan oleh seluruh pengguna internet di manapun mereka berada, dan biaya promosinya gratis. Setidaknya inilah cara praktis untuk mengenalkan produk toko onlinemu ke calon pelangganmu.
  11. Garansi Uang Kembali
    Tuliskan garansi uang kembali pada situs toko onlinemu. Berikan kenyamanan kepada pembeli produkmu, garansi uang kembali jika barang yang mereka terima tidak sesuai gambar dan cacat. Ini membuat mereka tertarik untuk membeli barang di toko onlinemu. Pastikan bahwa semua barang yang kamu kirimkan berkualitas baik dan tidak cacat produksi, sehingga pelanggan puas berbelanja di toko onlinemu.
  12. Program kredit
    Buatlah kemudahan bagi yang ingin membeli barang di toko onlinemu secara kredit, dengan jaminan salinan buku tabungan, salinan slip gaji, dan salinan KTP. Ada kalanya orang ingin membeli namun uang mereka belum cukup. Penjualan kredit adalah solusi bagi para pelanggan dan toko onlinemu untuk melejitkan penjualan.

Selamat berjuang dan melejitkan penjualan di toko onlinemu. Salam wirausaha.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!