Blog

tips memaksimalkan fitur marketplace

Tips Memaksimalkan Fitur Marketplace untuk Mempromosikan Produkmu

Marketplace merupakan salah satu platform yang tepat untuk mulai berjualan online. Pasalnya, marketplace memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung penjualan bisnismu, mulai dari untuk memperluas jangkauan, mempertahankan pelanggan, hingga mempromosikan produk.

Apalagi, marketplace sudah memiliki basis pengguna dengan jumlah yang tak sedikit. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan jangkauan bisnismu. Untuk mempromosikan produkmu, terdapat beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan di antaranya:

Feeds

Fitur feed memungkinkan kamu untuk memposting konten dan memberikan update kepada pengikut tokomu. Alhasil, mereka bisa mengetahui informasi-informasi terbaru terkait produk dan bisnismu.

Agar promosi dan penjualan produk bisa dilakukan secara optimal, sebaiknya unggah konten secara rutin sehingga kemungkinan postinganmu dilihat oleh pengguna lebih tinggi. Konten yang kamu buat bisa berbagai macam, mulai dari foto produk, konten yang membahas manfaat dari produk yang kamu jual, konten how to, testimoni, dan banyak lagi. 

Pastikan konten yang kamu bagikan juga sesuai dengan branding yang ingin kamu bangun. Agar jangkauan lebih luas, kamu bisa membagikan link postinganmu di channel lainnya seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan lainnya. 

Baca juga: Benua Asia Menjadi Terdepan Untuk Urusan Perkembangan E-commerce

Live

Livestreaming juga salah satu fitur yang juga sangat berguna untuk mempromosikan produk. Lewat live, kamu bisa terhubung secara langsung dengan customer dan calon pembeli. Cara ini juga bisa membuat pengguna marketplace yang awalnya tidak tahu tentang tokomu jadi lebih mengenal bisnis dan produkmu.

Agar livestreaming bisa optimal, usahakan kamu memiliki alat-alat yang mendukung seperti handphone dengan kamera yang jelas, tripod agar gambar lebih stabil, dan jika diperlukan mikrofon dan pencahayaan agar kualitas gambar bagus dan bisa dilihat dengan jelas. Pastikan juga kamu memiliki internet yang stabil agar live tidak terputus. 

Sama seperti membagikan konten di feed, usahakan untuk mengadakan livestreaming secara konsisten, misalnya 1-2 kali per minggu. Rencanakan format livestreaming yang sesuai dengan brand sebelum live. Misalnya di tengah live, kamu bisa mengadakan giveaway atau membagikan voucher promo. Jangan lupa untuk memberi judul yang menarik dan bagikan tautan livestreaming-mu di channel penjualan lainnya agar semakin banyak yang menonton.

Iklan

Jika kamu memiliki anggaran yang cukup, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh marketplace. Marketplace biasanya memiliki berbagai jenis iklan dimana kamu bisa menentukan anggaran. Kamu bisa memilih tipe iklan berdasarkan tujuan yang ingin kamu capai, apakah itu meningkatkan awareness, pengunjung, atau penjualan produk.

Agar iklan bisa efektif, pastikan produk-produkmu memiliki nama dan deskripsi yang jelas. Lakukan riset kata kunci, baik dari kompetitor, rekomendasi dari marketplace, maupun dengan tools lainnya. Semakin relevan kata kunci yang kamu gunakan, maka semakin besar juga kemungkinan produkmu dilihat oleh calon pembeli. Pilih juga produk-produk yang memang diminati customer, misalnya produk yang memiliki rating paling banyak dan paling positif. 

Baca juga: Marketplace E-Commerce Jadi Pilihan Platform Berjualan Bisnis Ritel

Broadcast Chat

Fitur selanjutnya yang juga dapat kamu manfaatkan adalah broadcast chat. Lewat fitur ini, kamu bisa terhubung secara personal dengan calon pembeli, pengikut, maupun pelanggan. Beberapa marketplace memungkinkan kamu untuk membuat segmentasi audiens sehingga pesan yang kamu sebarkan lebih tepat. 

Sesuaikan dengan informasi yang kamu bagikan dengan segmentasi audiensnya. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan voucher promo atau informasi produk dengan pesan yang kamu kirim untuk menarik dan memudahkan customer. Namun hindari terlalu sering mengirimkan pesan. Pilih waktu-waktu yang tepat, seperti saat ada peluncuran produk baru, campaign, atau program promo.

Laporan Penjualan

Selain mempromosikan toko, kamu juga perlu memantau performa bisnismu secara berkala agar kamu bisa membuat strategi dan perencanaan yang lebih efektif lagi. Maka itu, manfaatkan laporan dan statistik penjualan yang tersedia di marketplace

Beberapa data yang bisa kamu perhatikan dan analisis antara lain adalah tingkat konversi, jumlah produk yang terjual, produk dengan penjualan terbanyak, rata-rata transaksi, dan perbandingan antara pendapatan dan pengeluaran.

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui aspek apa lagi dari bisnismu yang perlu dikembangkan. Misalnya penjualan sudah meningkat, tetapi rata-rata transaksi masih rendah. Kamu bisa meningkatkannya lagi dengan menawarkan paket bundling atau voucher promo dengan minimal pembelian. Dengan begitu, customer akan lebih tertarik untuk membeli lebih banyak produk.

Untuk mengelola lapak toko onlinemu di banyak marketplace, kamu bisa menggunakan SIRCLO Commerce. Layanan end-to-end-nya dapat membantumu mengelola toko mulai dari pemasaran, pengelolaan order dan transaksi, layanan, hingga laporan transaksi. Alhasil, kamu bisa menjalankan bisnis dan memantau penjualan secara menyeluruh, terintegrasi, dan efisien.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!