Blog

Tips Memaksimalkan Penjualan dengan Website Toko Online

Saat ekonomi digital tumbuh pesat, toko online menjadi salah satu langkah ampuh untuk berjualan. Sayangnya saat ini banyak orang yang memilih membuat online shop hanya melalui media sosial saja. Padahal memiliki website sendiri juga akan sangat membantu meningkatkan penjualan online Anda.

Salah satu contoh bagaimana membuat online shop bisa mendatangkan banyak pembeli bisa kita lihat dari kehadiran e-commerce raksasa populer tanah air. Mereka bekerja keras untuk membuat website mereka mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung.

Saat ini jasa buat website toko online murah dapat dengan mudah ditemukan. Lantas bagaimana caranya Anda bisa berkompetisi dan menciptakan sebuah toko online yang mampu meningkatkan konversi penjualan? Simak beberapa tips jualan online dengan website berikut ini!

Baca juga: Merintis Bisnis Online, Harus Mulai dari Mana?

Ciptakan Desain Responsif

Desain responsif merupakan kemampuan yang dimiliki sebuah situs untuk menampilkan diri berdasarkan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Ketika pengguna membuka situs dari desktop, misalnya, tampilannya akan seluas layarnya. Begitu juga saat diakses dari smartphone – desain website tersebut akan fit to screen. Desain responsif ini akan memberikan kenyamanan dan memudahkan semua orang dengan berbagai jenis perangkat untuk berbelanja.

Maksimalkan Kolom Pencarian

Faktor lain yang akan menentukan tingkat kenyamanan  pengunjung situs Anda adalah fitur pencarian. Buat tampilan kolom pencarian yang dapat dengan mudah ditemukan pengunjung. Pastikan data yang dihasilkan akurat sehingga barang yang dibutuhkan calon pembeli bisa langsung muncul di hasil pencarian. 

Tampilkan Katalog yang Menarik

Salah satu tips jualan online yang penting adalah menampilkan produk pada halaman situs dengan kualitas sebaik mungkin. Barang-barang yang didapatkan dari supplier umumnya sudah dilengkapi katalog dengan kualitas gambar yang bagus. Tapi jika yang Anda jual adalah barang produksi sendiri, usahakan untuk melakukan pemotretan sendiri. Dengan foto katalog yang bagus dan menarik, daya jual produk Anda akan semakin tinggi. Tidak hanya itu, foto yang diambil sendiri dengan bantuan fotografer profesional akan membuat calon pelanggan lebih percaya terhadap produk yang Anda jual.

Berikan Pengalaman Berbelanja yang Mudah dan Praktis

Coba lihat bagaimana cara kerja e-commerce besar di Indonesia. Umumnya situs mereka tak hanya punya tampilan menarik, tapi juga punya sistem belanja yang gampang dipahami. Jika proses order dan check out yang tersedia di halaman situs Anda memusingkan, ada kemungkinan orang jadi enggan berbelanja. Berikan pengalaman yang mudah dan praktis sehingga mereka bersedia membeli.

Maksimalkan SEO Agar Toko Anda Mudah Ditemukan di Kolom Pencarian

Ketika membuat online shop, penting untuk menampilkan situs Anda di halaman pertama pencarian. Mengapa? Umumnya orang akan lebih memilih meng-klik situs yang tampil di halaman awal ketimbang mencari ke halaman-halaman berikutnya. Cara efektif untuk membuat orang mudah menemukan situs Anda adalah dengan menggunakan blog dan memanfaatkan fitur SEO (Search Engine Optimization). Keberadaan blog dengan kata kunci yang tepat tidak hanya bisa membawa situs Anda ke halaman satu pencarian tapi juga cukup efektif untuk melakukan soft selling pada produk-produk Anda.

Baca juga: Langkah Meningkatkan Traffic Toko Online-mu melalui SEO

Maksimalkan Media Sosial untuk Berpromosi

Meski sudah memiliki situs sendiri, bukan berarti Anda tidak memerlukan media sosial lagi. Justru media social-lah yang akan menjadi jembatan penghubung antara Anda dengan calon pembeli. Pasalnya sekarang cukup banyak pengguna internet yang memanfaatkan media sosial untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Gunakan media sosial terpopuler saat ini seperti Twitter, Facebook hingga Instagram.

Bangun Brand dan Bentuk Buyer Persona

Istilah buyer persona sangat populer di bidang digital marketing. Buyer persona merupakan gambaran ideal dari calon pelanggan yang Anda anggap paling sesuai dijadikan target pasar. Misalnya produk yang ingin Anda jual adalah kosmetik berbahan alami dengan harga menengah ke atas. Maka Anda bisa menggambarkan calon pembeli Anda sebagai wanita-wanita yang peduli lingkungan dan memiliki penghasilan cukup tinggi. Deskripsi ini secara ringkas menggambarkan buyer persona Anda. 

Dengan mengetahui gambaran terkait calon pembeli, Anda bisa berpikir dari sudut pandang mereka. Dengan begitu Anda bisa memilih pendekatan terbaik dalam mempromosikan produk yang ingin dijual. Termasuk bagaimana menentukan konsep pembuatan toko online Anda.

Setelah menentukan target pasar, saatnya mulai membangun brand atau merek. Keberadaan merek ini bisa menjadi tolok ukur yang menentukan tingkat kepercayaan publik terhadap perusahaan Anda. Ketika orang-orang menaruh kepercayaan kepada brand Anda, maka secara otomatis mereka juga akan percaya pada produk yang Anda jual.

Berikan Garansi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan semakin percaya pada Anda adalah dengan memberikan garansi. Garansi ini bisa berupa jaminan penukaran barang jika ternyata produk yang dikirim salah dengan ongkos kirim yang Anda tanggung.

Tertarik membangun toko online untuk memaksimalkan penjualan? 

Buat website toko online murah dengan menggunakan jasa SIRCLO Store. Kami siap membantu pertumbuhan bisnis para pengusaha Indonesia dengan menyediakan jasa pembuatan toko online yang profesional namun terjangkau. Buat website toko online sekarang dan bersiaplah kebanjiran pesanan bersama SIRCLO Store!

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit