Blog

Ini Dia Tips Membuat Pitch Deck Menarik untuk Investor

Pitch deck adalah presentasi singkat yang memberikan gambaran umum mengenai rencana bisnis startup mu. Pitch deck memiliki peran cukup penting. Karena hal ini yang akan menentukan apakah investormu akan tertarik pada rancangan bisnis startup yang kamu hendak buat.

SIRCLO dan Mebiso telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat pitch deck kamu dapat menarik investor!

Jelas, simple, menarik, dan mudah untuk ditindaklanjuti

Dilansir dari Forbes.com, pitch deck yang baik harus memiliki empat unsur penting yaitu jelas, simple, menarik, dan mudah untuk ditindaklanjuti. Agar pitch deck bisa dikatakan memenuhi unsur tersebut, tentunya kamu perlu memperhatikan konten pitch deck yang hendak dipresentasikan kepada calon investormu. Berikut adalah poin-poin penting yang wajib ada dalam konten pitch deck-mu: 

  1. Problem atau Permasalahan
    Ada tiga hal yang bisa mencuri perhatian investor dengan problem yang dijabarkan oleh startup-mu. Pertama, mereka pernah merasakan problem yang sama denganmu. Selanjutnya, mereka akan membaca apakah ada potensi bagus untuk ROI. Lalu, investor akan memahami permasalahan dengan baik karena mereka memiliki keahlian di bidang tersebut.
  2. Solusi
    Setelah menjelaskan permasalahan yang kamu alami, kamu perlu memberikan solusi yang bisa startup tawarkan untuk mengatasi problem-nya. Hindari pernyataan yang membuat kesan angkuh, serta hanya memberikan kesan startup kamu yang hanya bisa melakukan hal ini. Dalam situasi seperti ini, kamu harus tetap “lowkey” dengan memberikan solusi dari sudut pandangmu dan memberikan juga beberapa perbandingan solusi dari start up atau lembaga lain namun dengan pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan solusi. Dengan begitu akan membuat investor lebih yakin bahwa kamu juga bisa memberikan prototype atau demo.
  3. Market/ Pasar
    Berikan gambaran mengenai market startup yang hendak kamu target, serta peluang yang ada. Yakinkan para investor bahwa ada potensi yang bisa diraih melalui target pasar ini. Sertakan juga data-data terpercaya (misalnya dari riset) untuk memberikan gambaran yang lebih jelas.
  4. Produk
    Tunjukkanlah produk andalan kamu.  Kamu bisa memberikan paparan terkait produk yang kamu jual. Agar semakin memikat, berikan testimoni positif dari klien yang mencoba produk kamu.
  5. Traction/ Traksi
    Paparkanlah performa startup kamu selama ini. Pada bagian ini, berikan penjelasan bagaimana pertumbuhan bisnis dari bulan ke bulan.
  6. Team
    Para calon investor perlu mengetahui siapa saja pihak yang bekerja di balik startup kamu, serta data pribadi dan peran dari seiap tim. Hal ini akan membuat investor memiliki kepercayaan kepada stratup mu.
  7. Kompetisi
    Berikan penjelasan mengenai perusahaan kamu dan kompetiter mu. Hal yang perlu ditekankan adalah startup kamu memiliki keunik dan berbeda dari kompetitor yang ada. Berikan juga kekuatan dan kelemahan dari startup mu.
  8. Dana yang dibutuhkan
    Buatlah anggaran yang startup kamu butuhkan. Gunakan rata-rata atau kisaran dana. Jelaskanlah bagaimana kamu akan mengelola dana tersebut serta kemungkinan hasil yang bisa didapatkan dari dana tersebut.

Baca juga: Yakinkan Calon Investor Bisnismu dengan Tips-Tips Berikut!

Perhatikan juga unsur visual

Jangan lupa untuk memastikan penyajian pitch deck secara visual. Gunakan desain yang menarik, simple, dan jelas. Pastikan juga bahwa tulisan di masing-masing slide bisa terbaca dengan jelas. Gunakan jenis font yang jelas dan mudah dibaca.

Jangan gunakan teks terlalu banyak, karena bisa mengganggu. Ada baiknya jika kamu menggunakan gambaran visual yang mudah dipahami dan mampu mewakilkan maksud dan tujuan kamu.

Pitch deck kamu pun sudah siap! Hal lain yang tak kalah penting adalah kamu harus menguasai isi pitch deck serta lakukan latihan pubic speaking agar lancar memikat para investor kamu. Semoga berhasil!

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!