Blog

Tips Memilih Kata Kunci Tepat untuk Optimalkan Strategi SEO di Website Bisnismu

Setiap produk yang dijual oleh pebisnis online memiliki perbedaan yang disebut sebagai unique selling point. Bentuk keunikan tersebut satu di antaranya ada pada kisah atau cerita yang bisa dibagikan kepada pembeli untuk meningkatkan ketertarikan secara emosional terhadap produk yang dijual, misalnya melalui kisah sukses yang diunggah dengan cara membuat blog di website brand kamu. Selain itu, kamu dapat menambahkan marketing SEO (Search Engine Optimization) dengan strategi SEO yang tepat sehingga situs website-mu lebih mudah dicari pada mesin pencarian seperti Google atau Bing. Agar lebih optimal, perhatikan keyword yang kamu gunakan dalam strategi SEO pada situsmu. Kata kunci atau keyword memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan posisi situs website-mu di mesin pencarian. Yuk, simak cara memilih keyword yang tepat untuk mengoptimalkan situs website dan blog usahamu dengan strategi SEO.

Pelajari Topik atau Niche-mu

Tahap pertama dalam menentukan kata kunci yang tepat untuk situsmu adalah mempelajari topik atau niche dari brand-mu. Dengan mempelajari lebih dalam, kamu bisa mendapatkan ide yang out-of-the-box dengan beragam sudut pandang baru yang lebih fresh. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari lebih dalam topik dan niche-mu adalah sebagai berikut.

Pertama, kamu dapat melakukan riset kepada pelanggan untuk mengumpulkan data mengenai pendapat mereka mengenai brand-mu, misalnya meminta mereka menyebutkan hal-hal yang relevan dengan brand-mu. Kemudian kamu juga dapat mencari sudut pandang baru seperti membuat topik dari sudut pandang pelanggan baru. Untuk memperkaya referensimu, ikuti komunitas-komunitas daring dan forum online yang membicarakan topik yang akan kamu angkat dalam situsmu.

Baca juga: 5 Strategi SEO yang Sering Terlupakan saat Menulis Artikel Blog

Tentukan Tujuanmu

Sebuah perencanaan marketing SEO tidak lengkap tanpa adanya tujuan yang ingin dicapai. Maka itu, penting bagi pebisnis online untuk memahami tujuan yang hendak dicapai dengan strategi SEO. Sebelum menentukan strategi yang tepat, ada baiknya kamu memahami “apa”, “kenapa”, dan “bagaimana” brand-mu.

Setiap tujuan memiliki cara yang berbeda untuk mencapainya, begitu pula dengan SEO pada situs website-mu. Mulai dari tujuan seperti meningkatkan awareness, atau sampai kepada conversion memiliki tahapan yang berbeda dan disesuaikan dengan tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Tulis Kata Kunci Utama yang Relevan

Setelah memahami bagaimana brand-mu dan tujuan yang ingin dicapai dengan strategi SEO, maka tahap berikutnya adalah menuliskan kata kunci yang relevan dengan brand dan produkmu. Misalnya seperti kategori “Pakaian Perempuan” dan “Pakaian Sehari-hari di Indonesia”.

Kemudian kategori-kategori tersebut dapat dipecah menjadi kata kunci utama yang lebih spesifik, misalnya seperti “Baju Muslimah” atau “Hijab Modern”, yang tentunya lebih fokus daripada kategori umum sebelumnya.

Selain kata kunci utama, kamu bisa membuat beberapa opsi long tail keyword untuk membuat pencarian produk dan brand-mu lebih spesifik lagi. Menggunakan long tail keyword dapat meningkatkan conversion rate sebuah brand. Dalam topik “Baju Muslimah” misalnya, kamu dapat membuat long tail keyword seperti “Baju Muslimah Jakarta Modern” yang lebih spesifik dan terfokus.

Agar kata kunci yang digunakan lebih efektif, coba untuk menempatkan diri sebagai pembeli yang akan membeli produk untuk mengetahui apa yang hendak mereka cari dan mengapa mereka mencari hal tersebut.

Baca juga: Tips Menulis Artikel dengan Strategi SEO untuk Menjajakan Produk di Toko Online

Gunakan Fitur SEO yang Permudah Jualanmu

Seiring perkembangan teknologi, kini kamu tidak perlu merasa kesulitan lagi dalam menyusun strategi serta menggunakan fitur SEO. Untuk para pebisnis online yang hendak menggunakan marketing SEO, SIRCLO Store menjadi platform  berjualan yang mendukung pencarian website di mesin pencarian seperti Google dan Bing agar pelanggan mudah menemukan toko online-mu. 

Selain itu SIRCLO Store juga menyediakan fitur Blog yang dapat membantu kamu untuk melakukan boosting SEO di toko online-mu, sehingga bisa meningkatkan visibilitas tokomu di mesin pencarian.

Ayo maksimalkan strategi SEO toko online-mu dengan menggunakan SIRCLO Store. Buat tokomu di sini dan mulai jualan tanpa batas sekarang!

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!