Blog

Tips Memilih Platform untuk Berjualan Online

Dengan terus bertambahnya jumlah pelaku bisnis online di berbagai platform, tingkat penjualan online pun ikut bertumbuh. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang memutuskan untuk mulai berbisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi kamu yang berencana untuk mulai berjualan online atau memiliki bisnis online, berkeinginan merambah ke platform digital, kamu mungkin bingung dengan banyaknya pilihan platform. Satu jenis platform memiliki berbagai macam pilihan. Contohnya saja marketplace. Di Indonesia ada begitu banyak pilihan marketplace yang bisa kamu gunakan.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih platform untuk berjualan online? Berikut beberapa aspek yang bisa kamu perhatikan.

Anggaran

Aspek utama yang penting untuk dipertimbangkan adalah anggaran atau budget. Berapa anggaran yang kira-kira dapat kamu sisihkan untuk membangun toko online? Tiap platform memiliki biaya yang berbeda-beda. 

Misalnya saja mungkin website toko online akan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan berjualan di media sosial dan marketplace. Selain biaya di awal, kamu juga perlu memperhatikan biaya-biaya lainnya seperti biaya admin, maintenance, biaya layanan, biaya untuk beriklan, dan lain-lainnya.

Platform yang kamu pilih pun akan menentukan strategi pemasaran yang akan kamu rencanakan. Maka itu pertimbangkan baik-baik aspek ini sebelum memilih platform.

Baca juga: Ide Konten Instagram untuk Ramadan 2021

Target Customer

Hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah target customer. Siapa sasaran dari bisnismu akan sangat menentukan platform mana yang tepat untuk kamu pilih. 

Misalnya jika targetmu adalah anak muda, maka platform yang penting untuk kamu gunakan mungkin adalah media sosial seperti Instagram atau TikTok. Apabila targetmu adalah mereka yang tinggal di luar kota, mungkin Facebook adalah platform yang dapat kamu gunakan.

Lakukan riset terhadap target audiens alih-alih berasumsi agar kamu bisa benar-benar memilih platform yang tepat. Kamu bisa menanyakan mengenai platform apa yang paling banyak mereka gunakan untuk berbelanja sehingga kamu bisa mendapatkan insights yang dapat membantumu menjalankan bisnis.

Fleksibilitas

Tiap platform memiliki fitur dan fleksibilitas yang berbeda-beda. Misalnya saja website toko online akan memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dimana kamu bisa mengubah dan mengatur tampilan dan katalog produk sesuai keinginanmu. 

Sementara itu platform seperti marketplace sudah memiliki fitur-fiturnya sendiri dimana kamu bisa langsung segera mulai berjualan hanya dengan mengatur toko dan mengunggah produk. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan keterbatasannya. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Kategori Bisnis

Terakhir yang juga perlu untuk dipertimbangkan adalah kategori bisnis. Memilih platform yang tepat akan memudahkanmu terhubung dengan target audiens yang memang sesuai untuk produk yang kamu jual. 

Misalnya saja jika kamu menjalankan bisnis jasa atau B2B (business-to-business), website toko online mungkin merupakan platform yang lebih tepat karena menunjukkan profesionalitas. Berbeda jika kamu berjualan produk yang menekankan sisi visual seperti pakaian, kecantikan, atau makanan, mungkin marketplace atau media sosial merupakan pilihan yang lebih sesuai. 

Baca juga: Tren Jelang Idul Fitri untuk Strategi Marketingmu

Begitu pula jika kamu berjualan sebagai reseller atau dropshipper, media sosial mungkin merupakan platform yang lebih sesuai. Bahkan media sosial atau marketplace sendiri ada banyak jenisnya dengan fokus produk yang berbeda-beda.

Contohnya Shopee yang lebih unggul untuk penjualan di kategori fashion dan kecantikan, sementara Tokopedia lebih dominan untuk penjualan produk rumah tangga dan elektronik. Begitu pula dengan media sosial.

Memilih platform ini lagi-lagi membutuhkan riset terlebih dahulu agar kamu bisa benar-benar tahu mana platform yang tepat untuk jenis bisnis dan kategori produkmu. Sebenarnya kamu pun bisa memilih lebih dari satu platform agar bisa menjangkau lebih banyak customer.

Namun pastikan kamu memiliki kapasitas sumber daya yang cukup untuk melayani customer pada masing-masing platform agar kualitas pelayanan tetap terjaga. Salah satu jasa yang dapat membantu mengoptimalkan penjualanmu adalah SIRCLO Store

Di SIRCLO Store, kamu tidak hanya bisa mulai berjualan online dengan mudah, tetapi kamu juga bisa mengintegrasikan platform-platform penjualanmu dan mengakses analisis laporan penjualan di masing-masing channel. Alhasil kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk mengatur atau mengelola platform satu per satu. Klik di sini untuk mencoba sekarang!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!