Blog

Tips Mencari Graphic Designer yang Sesuai dengan Brand

Bagi para pebisnis online, mencari desain yang sesuai untuk produk adalah langkah awal yang sangat penting. Di sinilah sebuah website toko online akan mulai memiliki jati diri yang kelak akan melekat di mata dan telinga para pelanggan dan akan dibawa terus selama bisnis online-nya masih hidup.

Sekarang sudah banyak sekali para desainer grafis yang menyediakan jasa membuat toko online. Mulai dari sekadar desain logo, desain produk hingga membantu branding. Harga yang mereka tawarkan pun bervariasi, tergantung kesepakatan dengan para pengguna jasa. Lantas, hal-hal apa saja sih yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu menyewa seorang graphic designer untuk membuat toko online-mu?

Kenali Bisnismu Terlebih Dahulu

Sebelum mencari graphic designer yang sesuai, kamu perlu tahu apa saja yang dibutuhkan bisnis jualan online-mu. Anggap saja kamu ingin membuka sebuah distro. Selain logo, apakah kamu butuh desain lain? Apakah kamu akan memproduksi pakaianmu sendiri sehingga kamu akan membutuhkan desainer tetap/jangka panjang. Kalau ya, perhitungkan bagaimana ritme kerjanya karena kebanyakan desainer bekerja berdasarkan deadline.

Kalau sudah, saatnya memperhatikan budget. Desainer-desainer terkenal mungkin memiliki jam terbang lebih yang menjamin hasil kerja mereka. Kalau bisnismu cukup besar dan modalnya cukup banyak, tidak ada salahnya menyerahkan semuanya pada mereka, mulai dari desain logo hingga desain produk. Kalau modalmu terbatas, tidak ada salahnya cari desainer lepas yang bisa diajak nego buat website toko online-mu.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Graphic Desainer

Nah, kalau kamu sudah cukup mengenali bisnismu sendiri, sekarang saatnya mengenali calon desainernya. Apa saja sih yang perlu diperhatikan?

  • Setiap Desainer Punya Gaya Masing-masing

Nah, di sini keterampilan menilaimu diuji karena tidak semua desainer yang diberi konsep sama akan menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan keinginanmu. Sebelumnya, sebaiknya kamu minta portofolio mereka. Dari sana kamu bisa tahu gaya desain yang mereka gunakan dan kamu bisa membayangkan kecocokannya dengan brand jualan online-mu.

  • Pengalaman Adalah Hal yang Penting

Ingat, harga bukanlah pertimbangan utama sebelum kamu memilih seorang desainer tapi pengalaman kerjanya. Kamu bisa tahu jam terbang sang desainer lewat portofolio yang mereka sodorkan. Ibarat seorang pelari, kalau sudah berpengalaman dia tentu sudah tahu bagaimana caranya lari yang benar dan sudah tahu berapa lama waktu yang akan mereka butuhkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu kecewa kalau sang desainer bekerja lewat tenggat dengan alasan, “Aduh maaf Mas, baru kali ini ngerjain yang kayak begini.”

  • Jangan Lupa Tanyakan Cara Kerja dan Posisi Sang Calon Desainer

Ada desainer yang bekerja dengan waktu lama, ada juga yang menganut sistem sehari selesai. Kalau kira-kira tenggatmu masih lama, kamu boleh pilih desainer model pertama. Kalau menurutmu itu kurang efektif, silakan cari desainer lain yang sesuai kebutuhanmu.

Posisi kerja calon desainer juga sebaiknya menjadi pertimbanganmu. Lebih bagus kalau berada di satu kota yang sama. Apalagi kalau kamu tipikal orang yang lebih suka bertemu langsung daripada berkomunikasi lewat telpon, email dan media sosial.

  • Bagaimana Testimoni Pemakai Jasa Mereka Sebelumnya?

Kalau kamu mendapatkan nama sang calon desainer dari rekomendasi temanmu, maka sudah hampir hampir bisa dipastikan kualitasnya terpercaya. Kalau bukan rekomendasi, kamu bisa mencari testimoni online, bisa dari website atau fanpage mereka (kalau ada). Kalau tidak ada, minta saja beberapa referensi, mungkin satu atau dua proyek mereka yang sukses.

  • Seberapa Mahal Tarif yang Mereka Tawarkan

Meski harga bukan hal utama yang harus dipertimbangkan, tapi bukan berarti harga itu tidak penting. Kamu juga perlu tahu jika pekerjaan mendesain sama sekali bukan pekerjaan mudah. Jadi ibarat membeli sepatu, jika ingin puas, kamu harus rela mengeluarkan uang lebih mahal. Kalau semua faktor sudah kamu pertimbangkan, saatnya memutuskan semua dengan intuisimu. Semoga berhasil!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!