Blog

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Tanpa Resign

Bekerja  di kantor dan memiliki penghasilan tetap adalah dambaan setiap orang. Namun pendapatan yang kita terima sebatas UMR (Upah Minimum Regional) atau bahkan di bawah UMR membuat kita berakrobat untuk “menambal” gaji dengan melakukan pekerjaan freelance atau pekerjaan serabutan, agar dapur tetap ngebul. Untuk karyawan kantoran seperti kamu, ada berbagai peluang bisnis sampingan yang dapat kamu kerjakan tanpa harus mengajukan surat cinta (resign) kepada atasanmu.

Berikut ini adalah tips untuk menemukan passionmu dan merintis bisnis sampingan tanpa perlu mengajukan surat resign, yaitu:

Memanfaatkan hobby
Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang kamu lakukan atas nama kegembiraan. Hobi dapat kamu konversi menjadi uang. Pertanyaan sederhana ini dapat membantu kamu dalam menemukan hobimu.

  1. Apa hobi kamu? Hasrat kamu? Kesukaan kamu?
  2. Bagaimana kamu menghabiskan waktu luangmu?
  3. Apakah kamu rela melakukannya hingga larut malam?
  4. Bersediakan kamu melakukannya jika kamu tidak dibayar sekalipun?

Pertanyaan di atas akan membantu kamu menemukan passion atau hobimu. Inilah hobi yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan, yaitu:

1. Hobi Belanja Online

Jika kamu senang belanja online, baik fashion maupun gadget, maka kamu punya kesempatan untuk memulai bisnis online sampingan. Karena kamu sudah sering belanja, kamu tahu produk dan layanan apa saja dan bagaimana yang akan memuaskan pelanggan. Walaupun memulai bisnis online tidak selalu gampang, memulai bisnis online tidaklah sesulit yang kamu bayangkan.

Platform pembuat website toko online seperti SIRCLO adalah salah satu solusi berjualan online tanpa harus membuka toko fisik dan menggaji karyawan untuk menjaga toko. Kamu hanya perlu mengupload foto produk ke website toko online dan berpromosi untuk mulai berjualan di toko online. Setelah itu, tunggu orderan masuk melalui admin panel toko online!


2. Hobi Menulis

Hobi menulis biasanya diiringi dengan hobi membaca, hobi menulis pada mulanya diawali dengan rajin menulis diary, atau catatan harian. Saat ini mungkin lebih populer dengan menulis di blog, menulis di sosial media, atau menulis kutipan menarik atau ide-ide apapun yang melintas di ponsel pintarmu. Kamu bisa meningkatkan keterampilan menulismu dengan rajin menulis blog, mengikuti berbagai workshop menulis, belajar dari penulis senior, dan kemudian beranikan diri untuk mengikuti lomba-lomba menulis.

Keterampilan menulis harus dimiliki oleh semua orang, tidak hanya bagi mereka yang ingin menjadi penulis buku, atau penulis puisi. Staf pajak, staf akuntansi, staf gudang, dan manager keuangan, harus bisa menulis laporan bulanan. Hobi menulis dapat menghasilkan uang jika kamu memberanikan diri memanfaatkan waku luangmu untuk menulis artikel koran (kolom opini), artikel online, resensi buku, dan lain sebagainya.
Situs yang menyediakan pekerjan penulis lepas adalah :

Kamu juga bisa mengirimkan Curriculum Vitae-mu ke berbagai media online yang sering kamu kunjungi, tawarkan dirimu untuk menjadi contributor online di media tersebut. Seseorang yang berpotensi menang harus menyerang, manfaatkan akun sosial mediamu sebagai etalase karya-karya terbaikmu agar orang lain atau followermu mengenal kompetensi menulismu.

3. Hobi Selfie

Kamu suka sekali difoto dan sering memajang fotomu di instagram? Kembangkan terus hobi ini dengan aktif memposting foto-foto terbaikmu di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, atau twiter.  Kamu akan menarik agensi model atau toko online untuk menjadikanmu sebagai model dari baju-baju mereka yang lebih kerennya disebut endorsement. Kamu bisa dapat produk gratis, uang, dan ketenaran. Selebritis instagram.

4. Hobi Memasak

Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan, kamu dapat belajar memasak lewat buku-buku, youtube, atau belajar dari mamamu. Jika kamu memiliki hobi memasak, kembangkan terus keterampilan memasakmu dengan mengikuti kelas memasak sesuai hobimu.

Untuk memastikan masakanmu sudah enak atau belum, sesekali buatlah dalam porsi besar, dan berikan secara cuma-cuma kepada teman-teman dekatmu. Dengarkan apa pendapat mereka tentang rasa dan bentuk masakanmu, jika mereka bilang masakanmu sudah enak dan layak dijual, beranikan diri untuk menerima pesanan masakan dari teman-teman terdekatmu, kemudian promosikan keterampilan dan foto-foto masakanmu di sosial media, agar orang lain tahu bahwa kamu pandai memasak.

5. Hobi Makan

Hobi makan ini dapat kamu uangkan dengan menjadi food blogger. Ya, setiap kali kamu makan enak, tuliskan dan review makanan tersebut di blogmu, promosikan makanan tersebut di sosial media atau instagrammu. Restoran yang kamu kunjungi akan merasa berterima kasih karena berkat postinganmu, restoran itu menjadi terkenal dan mengundang banyak pengunjung. Kamu akan mendapatkan makan gratis dan fee dari hasil menulis review makanan tersebut. Reviewmu akan jadi referensi bagi orang-orang yang ingin makan makanan tersebut untuk pertama kalinya. Selamat makan dan bersenang-senang.

Selamat memilih dan mengembangkan bisnis dari hobi tanpa perlu mengajukan surat resign, namun jika bisnismu sudah besar dan tak bisa ditangani secara sambilan, silahkan ajukan surat resign untuk menjadikan bisnis sampinganmu sebagai  bisnis utamamu, salam wirausaha.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!