Blog

Tips Menjangkau Lebih Banyak Konsumen Melalui Marketplace

Marketplace saat ini menjadi salah satu platform pilihan banyak orang untuk berbelanja maupun menjalankan bisnis online. Kini bukan hanya bisnis kecil atau UKM saja yang berjualan di marketplace, brand-brand besar seperti Unilever dan L’Oreal pun kini ikut masuk ke platform marketplace

Tak heran, ekosistem marketplace di Indonesia memang berkembang dengan cukup pesat. Apalagi, modal untuk membuat lapak di marketplace relatif murah atau bahkan tidak memerlukan biaya apapun. Ada banyak kelebihan yang bisa didapat dengan menambah marketplace sebagai platform penjualan online bisnismu.

Baca juga: Berjualan di Marketplace Harus Stand Out, Ini Caranya!

Kenapa marketplace?

Salah satu penyebab sebagian besar bisnis termasuk juga merk-merk ternama turut bergabung ke marketplace adalah karena pasarnya yang besar dan nilai transaksinya yang terus bertumbuh. Dengan berjualan di marketplace, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi sehingga bisnismu makin optimal.

Banyak marketplace juga menawarkan fitur-fitur yang menguntungkan baik bagi pebisnis maupun bagi konsumen seperti promo, gratis ongkir, dan fitur lainnya. Selain itu, sejumlah marketplace juga menawarkan pembayaran yang bisa dibilang lebih mudah yakni melalui mobile wallet atau dompet online sehingga pembeli merasa dimudahkan dalam bertransaksi. 

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana hampir semua bisnis mau tidak mau harus beralih ke platform penjualan online. Maka tak heran kalau transaksi belanja online meningkat pesat. Lalu bagaimana caranya menjangkau konsumen di marketplace dan memaksimalkan penjualan? Simak tips-tips berikut agar kamu bisa sukses jualan online di marketplace.

Tips untuk Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Pilih Marketplace yang Sesuai dengan Target Konsumen

Pilihlah marketplace yang terpercaya dan banyak digunakan oleh target konsumenmu. Pastikan juga marketplace tersebut sesuai dengan kategori produk yang kamu jual. Beberapa marketplace terkenal dengan produk fashion-nya, marketplace lainnya ada yang lebih dikenal dengan barang elektronik. 

Tiap marketplace memiliki demografi pasarnya sendiri. Maka itu, sebelum membuka lapak pikirkan terlebih dahulu siapa target konsumen yang ingin kamu targetkan. Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dalam memilih marketplace adalah biaya komisi yang dikenakan.

Berjualan di Beberapa Marketplace

Jangan mengandalkan satu marketplace saja. Kalau di satu marketplace kamu bisa mendapatkan misalnya 50 pelanggan, kamu bisa melipatgandakan angka tersebut dengan berjualan di beberapa marketplace. Jika produkmu kurang laku di satu marketplace, siapa tahu produk tersebut bisa lebih laku di marketplace lainnya. Dengan berjualan di beberapa marketplace, kamu bisa menjaring lebih banyak konsumen dan mendapat lebih banyak keuntungan. 

Pilih Kata Kunci yang Sering Digunakan

Nama produk juga bisa menentukan apakah lapak dan produkmu dilihat oleh konsumen yang tepat atau tidak lho. Sebelum memberi nama produk, cari tahu dulu kata kunci apa yang sering digunakan saat mencari produk yang kamu jual. Misalnya jika kamu menjual heels, coba bandingkan kata kunci mana yang lebih banyak dicari, apakah sepatu heels atau sepatu hak. 

Riset Kompetitor

Ada begitu banyak orang yang berjualan di marketplace, mungkin sebagian menjual produk yang mirip atau bahkan sama dengan yang kamu jual. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap lapak-lapak lain yang sudah lebih lama berjualan di marketplace tersebut dan menjual kategori produk yang serupa dengan produk yang kamu jual. Dari situ, kamu bisa mempelajari cara mereka memasarkan produk mereka mulai dari foto, nama dan deskripsi produk, profil lapak, dan sebagainya. 

Hubungkan dengan Platform Lainnya

Integrasikan lapak marketplace kamu dengan platform lainnya. Misalnya dengan menaruh link lapakmu di profil media sosial atau di website toko online kamu sehingga calon pembeli pun bisa tahu bahwa mereka bisa melakukan transaksi di berbagai platform. Selain itu, dengan cara ini kamu juga jadi bisa meningkatkan traffic web jualan online maupun followers media sosial bisnismu. Target konsumen pun jadi semakin mudah mengakses produk yang dijual dan mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai bisnismu.

Baca juga: Tingkatkan Penjualanmu di Marketplace dengan Cara Ini!

Mengelola lapak di berbagai marketplace secara bersamaan bisa begitu merepotkan sekaligus menghabiskan waktu. Kamu harus meng-update produk, melakukan pemasaran, dan mengelola pemesanan. Belum lagi melayani pertanyaan pelanggan, memantau stok barang, serta menganalisis hasil penjualan. 

Supaya lebih efisien, gunakan layanan channel management end-to-end seperti SIRCLO Commerce yang memungkinkan kamu untuk mensinkronisasikan penjualan di berbagai marketplace. Jadi kamu bisa fokus mengembangkan bisnismu secara maksimal deh!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!