Blog

Tips Menulis Artikel dengan Strategi SEO untuk Menjajakan Produk di Toko Online

Sudah membuat website toko online? Langkah selanjutnya yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana menarik calon pembeli agar mengunjungi websitemu dan melakukan transaksi. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara membuat blog.

Pada blog, kamu bisa secara berkala merilis artikel yang berkaitan dengan produkmu. Pilih waktu dimana target pembelimu paling aktif sehingga traffic blog maksimal. Namun artikel yang kamu tulis pun tidak bisa sembarangan. Agar blog bisa berkontribusi terhadap traffic dan pada akhirnya penjualan produk, kamu bisa menerapkan strategi marketing SEO.

Berikut beberapa tips strategi SEO yang bisa kamu terapkan saat menulis artikel di website toko online: 

Riset Kata Kunci

Pertama-tama, kamu bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya lewat Google Trend atau sekadar melihat rekomendasi kata kunci dari pencarian Google.

Misalnya jika kamu menjual busana muslim, kamu bisa memasukkan kata kunci ‘busana muslim’ pada mesin pencari. Dari hasil pencarian tersebut, kamu bisa melihat berapa jumlah volume pencarian kata kunci tersebut. Semakin banyak volume pencarian, berarti semakin banyak orang yang mencari kata kunci tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Traffic Lapak-Mu di Marketplace dengan Terapkan 5 Teknik SEO Ini

Namun volume pencarian yang besar juga biasanya diikuti dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Semakin tinggi tingkat kompetisi, semakin sulit bagi artikelmu untuk masuk ke halaman pertama pencarian dan ditemukan oleh customer

Kamu bisa mengakali hal ini dengan menambahkan kata lainnya pada kata kunci seperti kata kunci yang menggambarkan harga, bahan, atau tren. Misalnya ‘busana muslim premium’, ‘busana muslim modern’, ‘busana muslim brokat’, dan lainnya. 

Kamu bisa mencari kata-kata tersebut dengan melihat rekomendasi kata kunci yang biasanya muncul saat kamu baru mulai memasukkan kata kunci di Google. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kata-kata transaksional seperti ‘jual’, ‘promo’, ‘diskon’, dan sebagainya.

Gunakan Kata Kunci pada Artikel

Setelah menentukan kata kunci, kamu bisa mulai menulis artikel. Sertakan kata kunci pada judul, subjudul dan isi artikel. Gunakan kata kunci yang kamu pilih beberapa kali pada artikel agar strategi SEO optimal. 

Namun hindari juga menggunakan terlalu banyak karena Google bisa mendeteksi artikelmu sebagai tulisan yang tidak natural. Selain itu, terlalu banyak menggunakan kata kunci yang sama juga tentu bisa mengganggu pengunjung yang membaca artikelmu.

Gunakan kata kunci secukupnya dan dengan natural. Kemudian sertakan juga kata kunci pada meta title dan meta description. Meta title dan meta description akan terlihat pada saat artikelmu muncul di mesin pencari. 

Kategorikan Topik

Agar lebih tepat, kamu bisa mengkategorikan topik-topik artikel yang mau kamu muat pada blog berdasarkan customer journey. Misalnya jika tujuan artikel adalah untuk meningkatkan awareness, kamu bisa menulis artikel tentang masalah yang dihadapi target customer dan bagaimana produkmu bisa menyelesaikan masalah mereka. 

Jika tujuan dari artikel adalah untuk meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk, kamu bisa menuliskan artikel tentang manfaat dan keunggulan produkmu atau menceritakan testimoni pelangganmu. Sama seperti langkah sebelum-sebelumnya, sesuaikan juga kata kunci berdasarkan tujuan dari artikel yang ingin kamu tulis.

Baca juga: Tips Menggunakan Copywriting untuk Memperkuat Branding dan Promosi di Marketplace

Berikan Judul yang Menarik

Judul sangat menentukan apakah seseorang akan lanjut membaca artikelmu atau mencari artikel lainnya. Maka itu, jangan lupa untuk berikan judul yang menarik untuk artikelmu. Alih-alih sekadar menggunakan kata kunci, kamu bisa menambahkan kata-kata lain untuk meyakinkan pembaca.

Contohnya jika kata kunci yang ingin kamu gunakan adalah ‘makanan sehat’, kamu bisa menambahkan kata sifat seperti ‘praktis’ atau ‘sederhana’ ataupun target pembeli dari bisnismu seperti ‘orang kerja’ menjadi ‘makanan sehat dan praktis untuk orang kerja’. Selain lebih menarik, judul yang jelas juga akan membantu pembaca mengira-ngira apa yang akan mereka temukan pada artikelmu.

Tambahkan Gambar

Agar artikel terlihat semakin menarik, jangan lupa untuk menambahkan gambar pada artikel. Kamu bisa membuat gambarmu sendiri atau mengambil gambar dari website yang menyedia gambar atau foto gratis. 

Pilihlah gambar atau foto yang memang relevan dengan topik artikel yang ditulis. Kemudian sebelum menaikkan artikel ke blog, isi alt text dengan kata kunci yang digunakan pada artikel tersebut. 

Tautkan dengan Halaman yang Relevan

Setelah artikel selesai, kamu bisa membaca kembali artikel untuk memastikan keruntutan artikel untuk menilai apakah artikel sudah jelas dan mudah dimengerti. Di tahap ini, kamu juga bisa menautkan kata kunci yang kamu gunakan dengan artikel atau halaman lain yang relevan. 

Misalnya jika kamu menggunakan kata kunci ‘makanan sehat’ pada artikel, kamu bisa mengaitkannya ke artikel lain yang juga membahas seputar makanan sehat atau ke halaman menu makanan sehat yang kamu tawarkan. 

Selain mendorong pengunjung untuk membaca artikel yang lain dan menghabiskan waktu lebih lama di website toko onlinemu, cara ini juga merupakan salah satu teknik marketing SEO untuk meningkatkan hasil pencarian.

Sertakan Call-to-Action (CTA)

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan call-to-action pada akhir artikel baik dalam bentuk kalimat ajakan atau tombol. Gunakan kata kerja yang menggambarkan apa yang akan pengunjung temukan saat mereka mengklik tautan atau tombol CTA. 

Misalnya jika CTA diarahkan ke form pendaftaran, kamu bisa menuliskan ‘Daftar Sekarang’. Jika CTA mengarahkan pengunjung ke katalog produk atau halaman produk tertentu, kamu bisa menuliskan ‘Cek Produk’ atau ‘Beli Produk’. 

Arahkan pengunjung ke halaman yang relevan dengan artikel yang mereka baru baca. Dengan demikian, artikelmu tidak hanya bisa membuat traffic website toko online meningkat tetapi juga berkontribusi terhadap tingkat penjualan.

Itulah beberapa cara membuat blog toko onlinemu lebih efektif. Menerapkan marketing SEO dapat membantu calon customer lebih mudah lagi untuk menemukan website jualanmu sehingga usaha yang kamu lakukan untuk membuat website dan blog menunjukkan hasil.

Jika kamu belum memiliki website toko online atau ingin mengoptimalkan toko onlinemu, kamu bisa melakukannya secara mudah dengan membuat website di SIRCLO Store. SIRCLO Store menyediakan jasa pembuatan website yang dilengkapi dengan template desain yang responsif serta dukungan SEO sehingga bisnis terlihat profesional dan kehadiran online bisnismu semakin kuat.

_________

TENTANG SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online.

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!