Blog

Tips SEO Untuk Penjual Online Pemula

Memiliki website toko online yang sukses itu susah-susah gampang. Seperti juga berjualan offline, berjualan online memerlukan strategi marketing khusus. Dengan strategi yang tepat, kamu akan memperoleh banyak leads (orang yang tertarik dengan produk kamu) yang akhirnya mendatangkan peningkatan penjualan dan keuntungan. Dengan membuka toko online, sebenarnya anda memiliki pilihan strategi marketing yang lebih banyak. Salah satunya adalah dengan menggunakan SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi yang akan membuat website toko online kamu semakin search engine friendly. Ini berarti bahwa website kamu akan memiliki peluang lebih untuk muncul pada page pertama hasil pencarian sehingga orang yang sedang mencari produk atau keyword terkait kemungkinan besar akan mengakses web tersebut. Hanya mengakses saja tentunya tidak cukup. Kamu juga harus membuat mereka mau berlangganan email newsletter dan mau membeli produk yang kamu jual. Dengan begitu, leads pada website dan penjualan akan meningkat.

Untuk dapat efektif meningkatkan kedua hal tersebut, kamu harus menerapkan strategi ini dengan tepat. Dalam SEO, pemilihan keyword yang tepat sangatlah penting. Jika kamu memilih keyword yang umum, tentu website kamu akan memiliki banyak saingan untuk muncul pada search engine. Oleh sebab itu, pilihlah keyword yang cukup unik dan tempatkan pada tempat yang tepat. Misalnya, kamu dapat meletakkanya pada judul, awal konten web, deskripsi, atau tag.

Beberapa pakar menyarankan untuk mendedikasikan satu website atau blog khusus untuk marketing SEO. Website ini sebaiknya terfokus pada tema tertentu yang berhubungan dengan hal yang anda jual secara online. Misalnya saja kamu menjual kosmetik dan produk perawatan kulit, nah blog yang anda miliki harus seputar perawatan kulit atau kecantikan. Dalam blog ini, kamu harus memasang konten yang menarik, mendidik, dan bermanfaat.

Kamu juga harus mampu membuat pengunjung blog untuk mengunjungi toko online anda. Salah satu caranya adalah dengan menyisipkan promosi secara sekilas. Selain itu, kamu juga dapat meng-hyperlink keyword tertentu dengan toko online anda.

Untuk membuat blog atau website kamu semakin search engine friendly, kamu harus rajin meng-update konten secara teratur. Dengan begitu search engine akan terus mendeteksi situs tersebut dan menampilkanya pada halaman hasil penelusuran.

Tahukah kamu bahwa website toko online yang dibuat oleh platform ecommerce di Indonesia yaitu SIRCLO, sudah SEO friendly?

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!