Blog

Tips Untuk Membawa Bisnis Kamu Go Internasional Dengan Media Sosial

Punya mimpi untuk membawa bisnis kamu go internasional dan menjangkau pembeli dari negara lain? Tidak usah membayangkan biaya iklan yang mahal atau birokrasi yang rumit dulu. Kamu bisa kok mewujudkan mimpi tadi dengan menggunakan bantuan media sosial.

Membuat website saja tidak cukup untuk menjangkau pembeli internasional, karena itu kamu harus memanfaatkan media sosial agar orang yang ada di negara lain bisa menemukan bisnis online kamu dengan lebih mudah. Pemasaran internasional melalui sosial media bisa sangat menguntungkan, bukan hanya untuk mempromosikan bisnis kamu, tapi juga mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Masalahnya, sudah tahu strategi apa yang harus kamu jalankan di media sosial untuk membawa bisnis kamu go internasional? Kalau belum, simak tips berikut ya:

1. Buat Konten Berstandar Internasional

Untuk menarik minat pasar internasional, tentunya kamu juga harus menyesuaikan isi konten media sosial kamu dengan selera internasional. Kamu bisa menggunakan kombinasi dari:

  • Foto yang menonjolkan keunikan dan kualitas produk. Selain foto produk, tampilkan juga foto proses pengerjaan dibalik layar atau foto lain yang relevan. Pastikan foto berkualitas baik, bergambar jelas dan tidak buram.
  • Caption yang bercerita. Jangan sekedar menyebutkan deskripsi produk, coba buat sebuah cerita yang bisa mengguggah perasaan setiap orang yang melihat. Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan di akhir caption untuk memancing orang untuk berinteraksi.

Jaga agar konten selalu relevan, saling berhubungan, dan mudah dimengerti. Media sosial harus menjadi langkah awal untuk membuka interaksi dengan calon pembeli potensial.

2. Gunakan Hashtag Internasional

Menggunakan bahasa Inggris menjamin konten yang kamu post bisa dimengerti oleh calon pembeli potensial dari negara lain. Sebaiknya lakukan research untuk mengetahui hashtag apa saja yang relevan dengan produk kamu, agar bisa menjangkau pangsa pasar internasional.

Maksudnya disini adalah menggunakan hashtag berbahasa Inggris yang dicari dan digunakan secara internasional, contohnya:

  • Hashtag #leathergoods untuk aksesori berbahan kulit
  • Hashtag #invitationcard untuk kartu undangan
  • Hashtag #customshoes untuk sepatu yang dibuat khusus

Meskipun kamu sangat ingin seluruh dunia mengenal bisnis online yang kamu jalankan, sebaiknya batasi penggunaan hashtag agar tidak mengganggu isi konten sesungguhnya.

3. Siapkan Webstore atau Toko Online Kamu

Bila bisnis online kamu menawarkan banyak jenis produk atau jasa yang berbeda, sebaiknya kamu mendorong followers untuk mengunjungi webstore atau toko online kamu untuk mendapatkan pilihan produk yang lebih banyak, deskripsi yang lebih detail, atau melakukan pemesanan.

Lengkapi promosi melalui media sosial dengan sebuah website khusus yang menampilkan barang atau jasa yang kamu tawarkan. Hal ini juga akan membuat bisnis online kamu terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Sudah banyak jasa buat website toko online yang bisa kamu percaya untuk mengakomodasi keperluan bisnis kamu.

4. Gabung Dengan Grup Bisnis Internasional

Selain melakukan promosi melalui media sosial, gunakan media sosial untuk membangun koneksi dan jaringan internasional. Banyak sekali grup atau organisasi yang menggunakan media sosial untuk mewadahi pelaku bisnis dari berbagai negara. Dari sana, kamu bisa bertukar informasi, mengetahui peluang pasar potensial di negara tertentu, menjajaki kerjasama, sekaligus membuat bisnis online kamu lebih dikenal.

5. Jajal Media Sosial Spesifik

Tahukah kamu, di beberapa negara ada media sosial lain yang jauh lebih populer dari Facebook, Twitter atau Instagram? Di Brasil, salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak ini ternyata memiliki media sosial populer yang bernama Orkut, ada juga Renren di Tiongkok, dan XING di Jerman.

Bila target pasar internasional kamu adalah salah satu negara yang memiliki media sosial populernya sendiri, sebaiknya kamu mulai bergabung dan mempelajari budaya dan kebiasaannya. Untuk mempromosikan bisnis online kamu di berbagai media sosial yang spesifik untuk negara tertentu, otomatis kamu juga harus menguasai bahasanya supaya bisa lebih mudah diterima.

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit