Blog

Tren Belanja Akhir Tahun, Bagaimana Perilaku Konsumen?

Menjelang akhir tahun, jumlah pengeluaran konsumen untuk berbelanja biasanya meningkat. Ini juga berarti peluang bagi bisnis untuk meningkatkan jumlah transaksi. Biasanya ada sejumlah tren perilaku dan kategori produk yang dibeli oleh konsumen. Pasalnya, biasanya konsumen berbelanja untuk memberikan hadiah kepada orang lain dan bukan untuk diri sendiri.

Apalagi tahun ini bisa dibilang berbeda dari momen akhir tahun pada umumnya. Apabila biasanya orang-orang berkumpul bersama untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, kali ini mungkin mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal ini tentunya juga mempengaruhi tren belanja akhir tahun konsumen. Bagaimana trennya? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Sambut 2021, Ini 7 Hal yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis

Belanja Online Jadi Pilihan

Pandemi membuat perilaku konsumen bergeser dari yang tadinya mungkin lebih sering berbelanja secara langsung kini menjadi berbelanja secara online baik melalui website, media sosial, atau marketplace

Perilaku ini pun diperkirakan akan berlanjut di momen akhir tahun bahkan hingga pandemi selesai. Lebih dari 50% konsumen berencana untuk melakukan belanja akhir tahun secara online. Ini merupakan peluang bagi bisnis online untuk memaksimalkan penjualan di akhir tahun.

Kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk mulai berjualan online di platform manapun yang kamu pilih, baik di website, marketplace, dan WhatsApp. Solusi teknologi dari SIRCLO dapat membantumu mengelola penjualan dan menggapai konsumen secara efisien. Dengan budget yang sesuai kantong, kini kamu bisa berjualan online secara profesional. Cari tahu selengkapnya di sini.

Berbelanja dari Toko Baru

Selain berbelanja online, banyak customer juga mencoba berbelanja dari berbagai toko dan brand baru. Rata-rata konsumen pun mengaku mereka akan terus berbelanja dari toko atau brand baru yang mereka beli selama pandemi. Ini bisa menjadi tantangan bagi bisnis untuk bisa menjaga dan mempertahankan loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi kesempatan bagi brand baru atau bisnis kecil untuk menggaet calon pembeli.

Aplikasi Jadi Channel Pembelian

Aplikasi diperkirakan akan mempengaruhi perilaku belanja akhir tahun customer. Selain aplikasi game dan media sosial, aplikasi belanja online juga jadi salah satu yang paling banyak diunduh selama pandemi. Pasalnya, berbelanja melalui aplikasi menawarkan pengalaman yang lebih mudah dan nyaman. Bagi pelaku bisnis, kamu bisa beradaptasi dengan perilaku ini dengan ikut memanfaatkan berbagai platform aplikasi jualan online seperti marketplace untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

Memperhatikan Nilai dari Suatu Produk

Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 juga berpengaruh terhadap kondisi ekonomi. Banyak konsumen lebih berhati-hati dan selektif dalam membeli barang. Mereka semakin memperhatikan nilai dari suatu produk.

Nilai yang dimaksud di sini bukan hanya mengenai harga tetapi juga apakah nominal yang mereka keluarkan sesuai dengan barang yang mereka dapatkan. Khususnya bagi generasi millennial dan Z, produk yang ramah lingkungan menjadi salah satu pertimbangan. Maka itu, pastikan kamu menunjukkan manfaat dan nilai lebih dari produk yang kamu jual saat memasarkannya agar konsumen lebih yakin untuk membelinya.

Media Sosial Jadi Inspirasi untuk Berbelanja

Menurut riset McKinsey, konsumen cenderung terdorong untuk berbelanja dari media sosial. Pasalnya, algoritma pada media sosial biasanya menyesuaikan dengan konten apa yang biasanya dikonsumsi oleh konsumen sehingga konsumen pun dapat menemukan berbagai brand dan produk. Maka itu, bisnis dapat melakukan kampanye dan menerapkan strategi media sosial yang interaktif serta sesuai dengan ketertarikan calon pembeli untuk menarik customer.

Mempertimbangkan Review

Konsumen sekarang ini semakin cermat dalam membeli barang. Banyak konsumen yang mencari informasi lebih lanjut mengenai suatu produk, membandingkannya dengan produk lain, dan membaca review sebelum mereka akhirnya melakukan pembelian. Ini membuat rating dan review menjadi begitu penting bagi bisnis online.

Apalagi menjelang akhir tahun biasanya permintaan akan meningkat. Berikan pelayanan yang baik agar bisnismu bisa mendapatkan rating dan review yang baik. Apabila customer mengalami kendala, segera tangani dengan baik agar mereka merasa benar-benar dilayani.

Baca juga: Pasca Harbolnas 12.12, Bagaimana Cara Mempertahankan Penjualan?

Kategori Produk yang Banyak Dibeli

Terakhir, adanya pandemi juga mengakibatkan adanya pergeseran dalam hal kategori produk yang banyak dibeli menjelang akhir tahun. Orang-orang lebih banyak menghabiskan pengeluaran mereka untuk membeli barang yang dapat mereka nikmati di rumah seperti hiburan digital, game atau mainan, peralatan elektronik, layanan streaming, dan perabotan.

Begitu pula dengan aktivitas yang dilakukan pun cenderung merupakan aktivitas yang dapat dilakukan dari rumah, seperti memasak, berkebun, berolahraga. Tanaman disebut sebagai salah satu kategori produk yang penjualannya meningkat menjelang akhir tahun.

Pebisnis khususnya yang menjual barang-barang tersebut bisa memanfaatkan momen ini untuk mempersiapkan kapasitas dan memaksimalkan penjualannya. Dengan memahami perilaku dan tren belanja konsumen di akhir tahun, kamu pun dapat memahami konsumen dengan lebih tepat dan menyesuaikan strategi bisnis.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!