Blog

Tren Jelang Idul Fitri untuk Strategi Marketingmu

Mendekati Hari Raya Idul Fitri masyarakat khususnya umat Muslim, menjalankan berbagai tradisi. Hal ini membuat adanya perubahan terhadap perilaku konsumen menjelang Hari Raya, salah satu momen paling sibuk bagi para pelaku bisnis.

Lebaran menjadi momentum bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Tak sedikit juga pelaku bisnis yang melakukan kesalahan dengan tidak memperhatikan perubahan perilaku, emosi, dan kebutuhan customer. Padahal mempertimbangkan tren-tren ini akan membantu pebisnis dalam menjalankan strategi marketing yang efektif.

Berikut beberapa tren menjelang Hari Raya Idul Fitri yang dapat kamu sertakan dalam strategi campaign Ramadanmu.

Donasi & Saling Berbagi

Idul Fitri merupakan momen berbagi dan kebersamaan. Menjelang Idul Fitri, pencarian seputar donasi khususnya donasi online, pengiriman makanan, dan parcel meningkat. Kamu bisa memasukkan tema-tema tersebut ke dalam strategi pemasaran kamu. 

Sesuaikan konten dan gaya bahasa yang kamu gunakan. Pikirkan mengenai bagaimana brand-mu dapat menarik customer secara online dan membantu masyarakat berbagi dan merayakan kebersamaan sembari menjalankan social distancing.

Pencarian Hiburan Meningkat

Pencarian hiburan saat Ramadan juga meningkat. Berdasarkan laporan Google, penggunaan streaming platform masyarakat Indonesia meningkat 41% selama bulan Ramadan. Dengan adanya pandemi Covid-19, pola perilaku masyarakat dalam mencari hiburan pun turut berubah.

Kebanyakan orang mengandalkan saluran digital untuk mencari hiburan. Kamu pun bisa memanfaatkan platform online untuk meningkatkan engagement konsumen, misalnya dengan membuat konten video berkelanjutan seperti web series atau live streaming.

Lebih Memperhatikan Protokol Kesehatan

Pandemi juga membuat masyarakat lebih memperhatikan protokol kesehatan. Menurut data, 55% masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan aplikasi pengiriman makanan dibanding sebelum pandemi.

Kamu bisa membantu konsumen merasa lebih tenang dan aman saat melakukan pembelian dengan mengikuti dan menginformasikan bahwa bisnismu mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah dalam proses pembuatan, pengemasan, maupun pengirimannya.

Baca juga: Tips Mengembangkan Storytelling yang Menarik untuk Campaign Ramadan 2021

Aktivitas untuk Dilakukan di Rumah

Selain memperhatikan protokol kesehatan, masyarakat juga mencari aktivitas yang dapat dilakukan di rumah mulai dari memasak, rutinitas kecantikan, berkebun, dan aktivitas lainnya. Pencarian resep kue kering cenderung meningkat selama Ramadan. Kamu bisa menyertakan aktivitas-aktivitas ini untuk mendorong pemasaran dan campaign-mu.

Belanja Online Meningkat

Selama Ramadan, aktivitas belanja online meningkat. Salah satu kategori produk yang paling banyak dicari adalah baju Lebaran. Semakin banyak pembeli online berarti semakin banyak permintaan online yang dapat kamu tangkap. Ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk fokus meningkatkan penjualan online-mu, khususnya bagi kamu yang menjalankan bisnis pakaian.

Baca juga: Tipe-tipe Promo yang Dapat Dilakukan di Marketplace Saat Ramadan

Namun akhir-akhir ini, orang-orang lebih memperhatikan dimana mereka berbelanja. Brand yang mampu menonjolkan nilai atau kelebihan mereka bagi konsumen akan membantu mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk.

Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah memastikan bahwa produk yang kamu jual beserta informasinya mudah diakses di berbagai platform yang banyak digunakan oleh customer-mu mulai dari pencarian di Google, website, marketplace, maupun media sosial. Dengan demikian, kamu bisa menjangkau lebih banyak customer.

Dengan memanfaatkan data dan tren yang ada, kamu pun bisa menjalankan strategi dengan lebih tepat sehingga campaign dapat berlangsung secara efektif.

Tren-tren Ramadan ini bisa Kamu terapkan pada penjualan toko online kamu bersama dengan SIRCLO Store. Melangkah lebih pasti dengan satu akses, kamu bisa pasarkan produkmu ke berbagai marketplace dan berbagai platform.  Klik di sini untuk mencoba sekarang!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!