Blog

Unilever Siap Mengembangkan Bisnis E-Commerce bersama SIRCLO

TANGERANG, 20 November 2019 – Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia terus konsisten menunjukkan pertumbuhan di sektor ekonomi digital. Data pada awal tahun 2019 menunjukkan bahwa platform e-commerce telah menyumbang hingga 20 persen ke jumlah penjualan total perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Angka ini diprediksi akan terus meningkat dan telah mengalami pertumbuhan sebesar 10 kali lipat dibandingkan pada tahun 2017. Faktor utama dari pertumbuhan ini adalah banyaknya usia produktif dalam komposisi populasi Indonesia. Para kaum muda yang memiliki gaya hidup yang modern dan serba cepat mempengaruhi perubahan perilaku berbelanja yang konvensional menjadi serba online.

Sebagai strategi untuk menghadapi perubahan perilaku berbelanja masyarakat dan pesatnya perkembangan industri e-commerce Indonesia, Unilever resmi menggandeng SIRCLO, perusahaan teknologi yang menyediakan solusi untuk membantu brand berjualan online, sebagai e-commerce enabler resmi channel penjualan digitalnya.

Pesanan produk Unilever memasuki proses quality control  (sumber: SIRCLO)

Dimulai dengan kerjasama atas pengelolaan channel Mitra Tokopedia pada September 2019, Unilever kini bersiap memperkuat bisnis di kanal e-commerce bersama SIRCLO. Hal ini juga sejalan dengan strategi Unilever Global untuk mulai mengembangkan bisnis secara digital. Dalam kerjasama ini SIRCLO mengelola 38 akun brand Unilever yang mencakup kategori makanan, minuman, home care dan personal care.

Menurut Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO, Brian Marshal, perusahaan FMCG dapat meningkatkan penjualan melalui online marketplace dengan tiga cara utama, yaitu efektivitas proses produksi dan merchandising, promosi yang optimal dan penyediaan customer service yang memuaskan. Melalui salah satu layanan SIRCLO yaitu SIRCLO Commerce, sebuah solusi channel management distribusi online bagi brand corporate, Unilever mendapatkan pelayanan menyeluruh untuk mengembangkan bisnis e-commerce melalui berbagai kanal marketplace di Indonesia.

Sebagai perusahaan FMCG terdepan di Indonesia yang memiliki 44 brand, Unilever ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat melalui produk-produk berkualitas seperti, Sunsilk, Lifebuoy, Bango, Royco, Vixal, Superpel, Sariwangi dan banyak lagi. Sesuai dengan tujuan tersebut dan semangat untuk dapat menghadirkan produk sehari-hari yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia , Unilever ingin lebih dekat dan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah untuk pelanggan dengan hadir di berbagai channel e-commerce. SIRCLO membantu Unilever terintegrasi dan mengembangkan bisnis ke berbagai channel marketplace seperti Groceries Official Store di Lazada, Official Store di Tokopedia dan Bukalapak, serta St. Ives Official Store di Tokopedia.

Pemenuhan pesanan di gudang SIRCLO untuk online shoppers  (sumber: SIRCLO)

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang diadakan di Grha Unilever, BSD-Serpong ini dihadiri oleh jajaran direksi SIRCLO dan departemen E-Commerce Unilever. “SIRCLO menyediakan layanan channel management yang bersifat end-to-end untuk Unilever yang meliputi proses merchandising, pengiriman pesanan dan pergudangan untuk inventaris, manajemen gudang, penyediaan layanan pelanggan sampai pada order fulfillment,” jelas Brian.

Hira Triadi, selaku direktur E Commerce Unilever menyatakan bahwa channel e-commerce merupakan salah satu kanal penjualan yang efektif bagi produk-produk Unilever. “Melalui channel ini, produk kami dapat lebih dekat dan mudah diperoleh oleh konsumen Unilever di seluruh Indonesia. Semoga kerjasama ini dapat membantu mengembangkan bisnis Unilever dan layanan yang diberikan oleh SIRCLO dapat memfasilitasi kami untuk memasarkan produk secara lebih luas lagi” tambahnya.

Produk-produk Unilever yang telah tertata di etalase warehouse SIRCLO  (sumber: SIRCLO)

“Dengan adanya kerjasama ini kami berharap dapat lebih mendekatkan Unilever ke pembeli yang lebih luas sekaligus mengatasi tantangan bisnis yang ada sehingga dapat memaksimalkan penjualan di pasar online” tambah Brian Marshal.

Unilever telah menjadi salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia selama lebih dari 85 tahun dan menjangkau ratusan ribu supermarket, toko dan warung kecil di seluruh Indonesia. Kini, bersama SIRCLO, Unilever siap menghadirkan produk-produk berkualitas kepada seluruh konsumen di Indonesia dengan jangkauan yang lebih luas melalui jalur digital.

***

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce unggul di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan empat solusi bisnis, yakni SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 200+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Tangerang), hari ini SIRCLO memiliki 500 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tentang Unilever

PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933 dan telah menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods terdepan di pasar Indonesia. Unilever Indonesia memiliki 42 brand yang terbagi dalam 2 segmen usaha; Home & Personal Care (“HPC”) dan Foods & Refreshment (“F&R”). Unilever Indonesia telah ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. 

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2019, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 32,4 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp 22,4  triliun dan Rp 10 triliun.  Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp 5,5 triliun.

Unilever memiliki sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut, kesembilan pabrik tersebut telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Secara global, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk terus mengembangkan bisnisnya seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat. USLP memiliki tiga tujuan utama: 

  1. Meningkatkan kesehatan 1 milyar orang pada 2020 
  2. Mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada 2030
  3. Meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai capaian USLP silahkan kunjungi:  https://www.unilever.co.id/sustainable-living/ dan untuk informasi lainnya tentang Unilever Indonesia dan brand, silahkan kunjungi www.unilever.co.id dan aset sosial media kami, Twitter dan Instagram @UnileverIDN, Facebook Unilever ID dan Youtube Unilever Indonesia

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!