Blog

Yakinkan Calon Investor Bisnismu dengan Tips-Tips Berikut!

Mencari dan mendapatkan modal yang cukup merupakan salah satu hambatan yang sering dihadapi seseorang yang ingin memulai usaha. Ada 3 solusi yang dapat membantu mengatasi masalah ini yaitu dana pinjaman, investasi, dan hibah. 

Ketiganya memiliki mekanisme yang berbeda-beda. Namun terdapat satu kesamaan yakni pebisnis yang menggunakan dana tersebut harus memberikan sebagian dari keuntungannya sebagai bentuk pengembalian kepada pemberi modal atau investor.

Baca juga: Ini Dia Cara UMKM untuk Mengembangkan Bisnis dengan Investor!

Menemukan investor untuk bisnis juga menjadi tantangan lain bagi pebisnis. Kamu harus memahami apa yang dicari investor dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mereka agar mereka akhirnya mau menginvestasikan uang mereka pada bisnismu. SIRCLO dan Mebiso telah merangkum tips yang perlu kamu tahu di bawah ini!

Bangun Kepercayaan

Dalam membangun hubungan kerjasama, termasuk juga dalam bisnis, dibutuhkan kepercayaan antara satu sama lain. Tanpa rasa saling percaya, kerjasama akan sulit untuk dilakukan. Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan investor? 

Kamu bisa mendapatkannya dengan menjaga kredibilitas. Tunjukkan bahwa kamu seseorang yang dapat diandalkan. Bangun hubungan personal dengan investor agar mereka tidak hanya mengetahui tentang bisnismu, tetapi juga mengenalmu secara pribadi. 

Kita tentu akan lebih percaya dengan orang-orang yang kita kenal. Begitu pula dengan investor, mengenalmu secara langsung akan membuat mereka lebih percaya kepadamu.

Tunjukkan Pengalaman

Selain mempresentasikan mengenai bsinismu dan rencana ke depannya, ceritakan juga mengenai pengalamanmu yang relevan untuk menunjukkan apa saja yang pernah kamu tangani dan pelajari. Semakin banyak dan relevan pengalamanmu, semakin besar juga peluangmu untuk mendapatkan investasi.

Tunjukkan Motivasimu

Hasil yang didapat oleh investor ditentukan oleh keberhasilan bisnis yang mereka biayai. Maka itu, kamu harus bisa menunjukkan motivasi dan dedikasimu untuk menyukseskan bisnismu. Yakinkan investor bahwa kamu memiliki goal, tahu apa yang harus kamu lakukan, dan akan bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

Return of Investment (ROI) yang Tinggi

Selain 3 tips di atas, ada kunci utama yang harus kamu penuhi untuk bisa benar-benar meyakinkan investor yaitu return of investment (ROI). ROI adalah keuntungan yang akan diterima investor dari uang yang diinvestasikan, biasanya ditunjukkan dalam bentuk persentase dari investasi total tahunan mereka. 

Persentase ROI membantu investor membandingkan keuntungan yang dapat mereka peroleh dari suatu bisnis. Artinya semakin tinggi persentase ROI semakin besar juga keuntungannya. Dengan melihat ROI, investor bisa memilih usaha yang diperkirakan akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi mereka.

Baca juga: 6 Cara Mengurangi Pengeluaran Bisnis Selama Masa Pandemi

ROI sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti biaya yang dibutuhkan termasuk dari investasi, jumlah pendapatan finansial, periode waktu, dan keuntungan non finansial. Jadi selain dilihat dari jumlah keuntungan, kamu juga perlu memperhatikan berapa biaya investasi yang kamu butuhkan dan berapa lama kira-kira modal tersebut bisa kembali.

Misalnya terdapat perusahaan A dan B. Perusahaan A membutuhkan dana investasi sebesar Rp 50 juta dan diperkirakan akan kembali Rp 100 juta dalam 2 tahun. Perusahaan B membutuhkan dana investasi sebesar Rp 150 juta dan akan kembali Rp 300 juta dalam 4 tahun.

Sekilas perusahaan B memang kelihatannya memberikan hasil yang lebih besar. Namun apabila dihitung, kedua perusahaan sama-sama dapat mengembalikan modal 200%. Namun perusahaan B membutuhkan modal yang lebih besar dan waktu yang lebih lama.

Perusahaan A dapat mengembalikan 200% dalam 2 tahun, artinya 100% ROI per tahunnya. Sementara itu, perusahaan B perlu 4 tahun untuk mengembalikan 200% atau 50% ROI per tahun.

Maka itu, perhatikan dan analisis secara berkala faktor-faktor yang mempengaruhi ROI bisnismu. Usahakan agar ROI bisa terus meningkat agar investor melihat bahwa bisnismu memiliki peluang yang menjanjikan. 

Jangan lupa juga untuk terus bersabar apabila kamu belum mendapatkan investor. Lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mencari tahu bagian apa yang dapat kamu tingkatkan lagi. Bagaimana pun juga, kesabaran dan kegigihan dibutuhkan dalam membangun bisnis. Strategi yang tepat, kerja keras, dan sikap positif akan membantumu dalam mengembangkan bisnis. 

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!