Laporan Dampak SIRCLO Tahun 2023: Komitmen Solusi Digital Bagi Pertumbuhan UMKM Jangka Panjang

Laporan Dampak SIRCLO Tahun 2023: Komitmen Solusi Digital Bagi Pertumbuhan UMKM Jangka Panjang

Laporan Dampak SIRCLO Tahun 2023: Komitmen Solusi Digital Bagi Pertumbuhan UMKM Jangka Panjang

January 30, 2024

Laporan Dampak SIRCLO Tahun 2023

Laporan dampak SIRCLO tahun 2023 mencatatkan peningkatan omset bulanan hingga rata-rata 8 kali lipat bagi pemilik merek lokal dalam layanan SIRCLO Store dan kenaikan jumlah proyek hingga 5 kali lipat bagi anggota IbuSibuk.

JAKARTA, 30 Januari 2024SIRCLO, penyedia solusi omnichannel commerce enabler terdepan di Indonesia, merilis laporan dampak tahun 2023 bertajuk “Menyorot Peran SIRCLO dalam Dinamika Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah”. Laporan ini berfokus pada dua layanan yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yaitu SIRCLO Store (dasbor yang membantu UMKM berjualan online melalui berbagai kanal sekaligus, di antaranya website dan marketplace) dan IbuSibuk (solusi pemberdayaan ekonomi bagi komunitas Ibu untuk menjadi momfluencers). Ikhtiar kehadiran ekosistem SIRCLO bagi penggunanya telah membantu pemilik merek SIRCLO Store meningkatkan omset bulanan hingga rata-rata 8 kali lipat dan kenaikan jumlah proyek kampanye bagi momfluencers hingga 5 kali lipat. 

"Laporan Dampak SIRCLO sepanjang tahun 2023 ini memberikan gambaran mengenai inovasi dan solusi kami yang berpotensi memberikan dampak lebih luas dan berkelanjutan bagi para pelaku usaha," ujar Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO. "Dengan mempelajari kondisi yang dihadapi oleh pemilik UMKM, kami berupaya agar layanan SIRCLO tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, namun sejalan dengan komitmen kami dalam mensejahterakan pelaku usaha dan mendongkrak perekonomian digital Indonesia."

Berdayakan UMKM untuk Mencapai Kesejahteraan

Melalui survei pada 1.025 responden yang tersebar di 113 Kota dan Kabupaten Indonesia, SIRCLO mengungkap kontribusinya dalam menjawab beragam tantangan nyata di lapangan, seperti kebingungan terhadap cara memulai usaha, cara memperluas jangkauan usaha, paparan penggunaan teknologi, dan keinginan untuk memberdayakan diri dan sekitarnya. Laporan ini memiliki empat dimensi pengukuran dampak, yakni berdasarkan dampak Ekonomi, Sosial, Kesejahteraan Komunitas, dan Inklusivitas.

Beberapa pencapaian yang dirangkum dalam Laporan Dampak SIRCLO 2023 terhadap ekosistem UMKM adalah sebagai berikut:

Pilar 1: Ekonomi

Solusi yang ditawarkan SIRCLO menjawab tantangan di lapangan, seperti cara memulai usaha dan memperluas jangkauan usaha, telah mendorong peningkatan jumlah pelanggan hingga omzet bulanan.

  • 2 dari 5 pemilik merek lokal dalam ekosistem SIRCLO Store mengalami kenaikan jumlah pelanggan hingga 10 kali lipat, di mana setengah di antaranya baru menggunakan layanan tersebut dalam kurun waktu satu sampai dua tahun.

  • Setelah menggunakan SIRCLO Store, 2 dari 5 pemilik merek lokal turut mengalami pertumbuhan omzet bulanan hingga rata-rata 8 kali lipat.

  • 80% momfluencers di dalam ekosistem IbuSibuk telah merasakan peningkatan jumlah proyek kampanye yang didapatkan dengan berkolaborasi bersama brands ternama sebesar 2 sampai 5 kali lipat.

  • Sejalan dengan peningkatan jumlah kampanye, 45,9% momfluencers semakin berkontribusi pada peningkatan pendapatan rumah tangga.

Pilar 2: Sosial

Selain pencapaian ekonomi, terdapat dampak positif dalam aspek sosial yang turut dirasakan oleh para pelaku UMKM berkat inovasi teknologi yang dihadirkan oleh SIRCLO.

  • 52% pemilik merek lokal menggunakan pendapatan penjualan dari platform SIRCLO Store untuk memperkuat modal usaha. Pendapatan tersebut turut dialokasikan pada tabungan dan investasi, membuka cabang usaha baru, serta menambah karyawan.

  • 57,3% momfluencers mengalokasikan pendapatan mereka untuk tabungan dan investasi. Selain itu, pendapatan ini dimanfaatkan untuk keperluan hiburan, sumbangan donasi, dan pendidikan anak mereka.

Pilar 3: Kesejahteraan Komunitas

Tidak hanya memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis, kemudahan dan aksesibilitas atas teknologi yang disediakan turut berkontribusi terhadap pemerataan kesejahteraan, seperti penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan.

  • 72,2% pemilik merek lokal dalam SIRCLO Store telah mempekerjakan tenaga profesional sebagai karyawan mereka. Selain tenaga profesional, pemilik merek tersebut turut mempekerjakan orang-orang terdekat mereka, seperti pasangan, saudara, dan tetangga.

Pilar 4: Inklusivitas

Layanan SIRCLO mampu menciptakan lingkungan usaha yang merangkul keberagaman serta memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh pelaku UMKM, menggarisbawahi aspek inklusivitas pada dampak yang diberikan.

  • 96% responden memiliki karyawan perempuan, di mana 66,7% posisi manajerial didominasi oleh perempuan.

  • 1 dari 24 pengguna SIRCLO Store berkebutuhan khusus, menunjukkan inklusivitas dan aksesibilitas SIRCLO bagi berbagai kalangan pengguna.

Menggali Dampak Nyata yang dirasakan Pengguna SIRCLO Store dan Anggota IbuSibuk

Ary Budiman, Pemilik Rock Nation dan pengguna SIRCLO Store selama sepuluh ke belakang, mengatakan, “Industri musik di Indonesia memang penuh tantangan, namun, SIRCLO Store mampu membantu pertumbuhan sumber pendapatan utama saya, bahkan membuka peluang baru untuk memperluas jangkauan Rock Nation lewat kanal online. Berkat digitalisasi dengan bantuan SIRCLO Store, Rock Nation berhasil menjadi salah satu music merchandise store ternama di Indonesia.”

Di sisi lain, Ibu Tazkia Zahra, Momfluencer IbuSibuk membagikan ceritanya, "Dulu, saya kerap mempertanyakan, apakah ada hal yang bisa saya banggakan sebagai seorang ibu, terlebih dengan stigma yang lekat dengan pekerjaan rumah dan ketergantungan pada suami. Hal tersebutlah yang kemudian mendorong saya untuk mandiri secara finansial dan berkontribusi lebih jauh melalui konten yang saya buat melalui IbuSibuk."

Dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM pada aspek literasi digital, usaha, pengetahuan pemasaran, dan masih banyak lagi, SIRCLO Store secara aktif meluncurkan sejumlah program pendampingan, seperti Panen Omset (program edukasi dan pendampingan yang bertujuan membantu UMKM memasuki era digital) dan LokaLokal (acara yang melibatkan berbagai aktivitas mulai dari bazar yang menampilkan merek lokal dan mitra strategis, seminar, hingga program hiburan). Paralel dengan upaya tersebut, IbuSibuk kerap menyelenggarakan pelatihan bagi momfluencers untuk meningkatkan kapasitas serta pengetahuan mereka dalam strategi pemasaran dan skill pembuatan konten.

Laporan Dampak SIRCLO Tahun 2023, disusun dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, memberikan wawasan komprehensif tentang dampak yang diciptakan SIRCLO dalam ekosistem UMKM di Indonesia. Laporan ini tersedia untuk umum dan dapat diakses melalui tautan https://sirclo.link/impact23.

***

Tentang SIRCLO 

SIRCLO Group adalah penyedia solusi omnichannel commerce terdepan di Indonesia. SIRCLO memiliki misi untuk memaksimalkan potensi manusia maupun bisnis melalui solusi teknologi yang terintegrasi agar mereka mampu menjadi yang tercepat dalam menyongsong masa depan. Solusi-solusi yang ada di ekosistem super SIRCLO mampu menjangkau berbagai skala dan segmen pengguna, mulai dari bisnis enterprise, bisnis skala kecil dan menengah, bisnis berskala mikro dan new retail, hingga jutaan end-consumers.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.